Alur Kerja Sebuah Website-Blog

Sebenarnya bagaimana cara kerja sebuah website itu sampai bisa tampil di halaman browser kita, Berikut setidaknya ada 5 langkah penting alur kerja sebuah website atau blog :

Web Aplications (Aplikasi Website)
Aplikasi website adalah aplikasi yang berupa kode pemograman, Ada banyak kode pemograman yang digunakan untuk membangun website diantaranya: HTML, PHP, Java, CSS, Flash, ASP.dll Dengan kode-kode pemograman tersebut di halaman website dapat di tampilkan berupa Text, Gambar, Audio, Bahkan sampai Video. Itulah yang membuat tampilan sebuah website menjadi lebih menarik dan terlihat hidup.

Web Browser
Web browser adalah software yang digunakan untuk menampilkan halaman website di komputer kita, Ada banyak software dari web browser itu sendiri antara lain: Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Safari, Opera.

Server (Webhosting)
Server atau webhosting adalah tempat dimana file-file dari sebuah website itu diletakkan, Dan nantinya pengguna internet yang akan membuka website akan mengakses file yang ada di webhosting tersebut. Sebetulnya kita bisa memiliki webhosting sendiri, Yaitu dengan membeli komputer yang khusus untuk keperluan server. Namun harga dari komputer server itu sendiri diatas rata-rata dari komputer biasa, Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menitipkan file-file website kita di webhosting yang ada di internet. Tentu hal ini bisa menghemat biaya.

IP Address Website
Setiap hal yang terhubung ke internet harus mempunyai IP Address, Yaitu sebuah alamat publik yang berupa angka-angka tertentu yang unik. Mengapa unik karena semua alamat IP yang terhubung ke internet tidak boleh sama. Begitu juga dengan sebuah website tentu harus mempunyai alamat yang unik, Agar bisa di akses oleh pengguna internet. IP Address yang ada di website biasanya sudah disediakan oleh webhosting.

DNS – Domain Name Server
Entah apa jadinya bila di sistem internet tidak ada DNS, Mungkin setiap pengguna internet akan kebinggungan untuk mengakses suatu halaman website. Bagaimana tidak, Tentu bukan hal yang mudah bagi kita untuk menghafalkan IP Address dari setiap website yang ada. Oleh karena itu, Disilah fungsi dari DNS yaitu untuk memberikan penamaan dari setiap angka IP Address website ke sebuah nama yang mudah diingat. Contohnya, Kita tentu lebih mudah mengingat, Dan menuliskan www.yahoo.com daripada harus menuliskannya menggunakan IP Address 106.10.170.118 milik yahoo.


Jadi alur kerja sebuah website untuk bisa tampil di halaman browser kita ternyata membutuhkan perjalanan yang tidak sedikit. Mulai dari bahasa pemograman yang digunakan untuk membangun website itu, Kemudian ada webhosting dimana kita menyimpan file-file dari website yang dibuat, Ada IP Address dan DNS yang berperan sangat penting di internet untuk mempublikasikan website kita, Dan ada web browser yang digunakan untuk menampilkan website itu sendiri, Di masing-masing komputer.