rim-blackberryBlackBerry saat ini terpuruk dan mempertimbangkan opsi untuk menjual perusahaan. Kabarnya Fairfax Financial Holdings siap membeli Blackberry dengan harga USD 4,7 miliar.

Yah, Memang BlackBerry bernasib suram belakangan ini, ditandai kerugian hampir USD 1 miliar dan rencana PHK 4.500 karyawan. Perusahaan asal Kanada ini mengakui tekanan berat yang dihadirkan Android dan iOS membuat mereka kewalahan.

BlackBerry menyatakan, pangsa pasar produknya menurun bahkan di pasar internasional yang jadi basis kekuatannya. Permintaan terus melemah baik di pasar kunci seperti Amerika Serikat dan menyebar ke negara-negara lain.

“Kompetisi intens yang berimbas pada hasil finansial yang sebelumnya mempengaruhi permintaan produk di Amerika Serikat saat ini juga dialami secara global, termasuk di pasar internasional yang biasanya mengalami pertumbuhan pesat,” demikian pernyataan BlackBerry.

“Kompetisi intens yang dihadapi perusahaan di pasar internasional dikarenakan masuknya kompetitor global dengan perangkat high end yang berkompetisi dengan perangkat BlackBerry 10, dan juga kompetitor lain yang menjual Android murah yang berkompetisi dengan produk murah perusahaan ini” tambah BlackBerry.

pihak BlackBerry juga menyampaikan bahwa konsumen saat ini lebih memilih perangkat dengan dukungan aplikasi yang lebih banyak.

“Penurunan pasar juga bisa disebabkan pilihan konsumen pada perangkat yang mengakses banyak aplikasi, seperti yang tersedia di iOS dan Android,” sebut BlackBerry.

Lalu apakah BlackBerry akan semakin terpuruk dan benar-benar bangkrut ?? Kita tunggu saja hasilnya.