internet Sebagai orang tua sebaiknya tetap mengawasi anak kita dalam berinternet, memang internet itu sangatlah penting karena merupakan sumber pendidikan dan hiburan, tetapi terkadang anak-anak tidak bisa mengendalikan dalam berinternet.

Dalam survei itu, 7 persen responden memiliki bukti bahwa anak-anak mereka berhubungan dengan orang asing, 10 persen responden melaporkan anak-anaknya tidak sengaja menghapus data penting orang tua dari komputer, dan 5 persen mengaku anaknya telah membagi data itu kepada orang lain.

Jumlah responden yang sama mengaku kaget menemui jumlah tagihan pembelian online setelah anak-anaknya mendapatkan akses ke akun App Store mereka.

Dan secara total, 18 responden keluarga mengaku mengalami kehilangan finansial dan data penting karena kegiatan Internet anak-anaknya.

Guna meminimalisasi kerugian-kerugian itu, Kaspersky menyarankan agar orangtua mengawasi anaknya dalam mengakses Internet di antaranya dengan Parental Control yang biasanya disertakan dalam perangkat lunak keamanan Internet, seperti Kaspersky Internet Security.

Fungsi Parental Control memberikan cara yang ramah keluarga untuk melindungi anak-anak di dunia maya. Dengan Parental Control orangtua bisa memblokir situs-situs dengan konten yang tak pantas untuk anak-anak dan menghapusnya dari hasil pencarian serta membatasi informasi yang bisa diunggah ke jejaring sosial.