Villagehoster.com – Salah satu aplikasi olah pesan yang banyak digunakan saat ini adalah WhatsApp. Lebih dari 10 persen manusia di belahan dunia menjadi pengguna aktif aplikasi WhatsApp ini.

Namun demikian, Aplikasi pengolah pesan ini kadang terjadi berbagai kendala atau masalah yang dialami oleh sebagian pengguna WhatsApp. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai kendala apa saja yang sering terjadi pada WhatsApp dan cara mengatasinya.

1. Tidak Bisa Install WhatsApp

Masalah yang biasanya terjadi pada aplikasi WhatsApp yaitu tidak bisa diinstall. Hal ini disebabkan karena untuk menginstall aplikasi WhatsApp versi terbaru, Anda harus memiliki smartphone Android dengan versi 2.1 yang pada akhir 2016, versi 2.1 dan 2.2 tidak bisa lagi mendukung aplikasi WhatsApp. Untuk mengetahui versi smartphone Android Anda, bisa mengeceknya pada menu setting > About Phone.

2. Tidak Mendapat Kode Aktivasi

Jika aplikasi WhatsApp sudah berhasil terpasang di smartphone Android Anda, maka langkah berikutnya Anda harus melakukan proses registrasi dengan menggunakan nomor telephone. Nomor telephone tersebut akan mendapat kode aktivasi. Namun jika dalam beberapa menit Anda belum mendapat kode aktivasi, maka coba lah untuk memintanya melalui panggilan suara.

Akan tetapi, sebelum itu pastikan Anda memasukkan nomor handphone dengan benar. Selain itu, periksa juga apakah Anda memasukkan pilihan negara dengan benar ketika mendaftarkan nomor telephone tersebut.

3. Tidak bisa terhubung

Kendala selanjutnya yang sering dialami oleh pengguna Aplikasi WhatsApp adalah tidak bisa terhubung dengan WhatsApp. Hal ini bisa disebabkan karena masalah koneksi data atau Wi-Fi. Untuk mengatasinya Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini :

Mengecek koneksi internet, kemudian pastikan bahwa aplikasi Task Killer tidak memengaruhi aplikasi WhatsApp. Setelah itu, kosongkan cache aplikasi pada menu setting > Aplikasi > WhatsApp > Clear Cache.

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menguninstall Aplikasi WhatsApp, kemudian menginstall kembali Aplikasi tersebut.

4. Tidak bisa membaca kontak

Ada berbagai alasan yang dapat membuat WhatsApp tidak bisa membaca kontak Anda. Dengan demikian akan sulit bagi Anda untuk menghubungi kontak melalui WhatsApp jika kontak tersebut tidak terbaca. Untuk memperbaikinya, pastikan bahwa kontak tersebut memiliki nomor telephone yang benar. Selain itu, pastikan juga kontak yang akan Anda hubungi memiliki Aplikasi WhatsApp yang terpasang di Smartphonenya.

Hal yang tidak kalah penting yaitu pastikan Anda memasang Aplikasi WhatsApp versi terbaru. Kemudian pada daftar kontak, seluruh kontak diatur ke mode visible atau viewable.