Cara Kerja Sertifikat SSL Protokol Secure

Internet sudah menjadi kebutuhan umat manusia, Semakin banyak orang yang menggunakannya entah itu untuk kebutuhan personal atau perusahaan. Tapi sadarkah kita sebagai pengguna internet, Banyak yang mengintai setiap aktifitas kita. Untuk mencegah hal itu terjadi akhir-akhir ini muncul standar sistem keamanan yang baru yaitu SSL. Apa yang dimaksud dengan SSL, Dan bagaimana cara kerja SSL . Berikut penjelasannya :

Apa yang dimaksud SSL?
SSL adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer yaitu protokol khusus atau jalur khusus yang lebih aman pada website dimana semua transaksi data yang menggunakan protokol tersebut akan di enkripsi.

Cara kerja Sertifikat SSL seperti gambar dibawah ini

cara kerja sertifikat ssl

Penjelasan dari gambar cara kerja SSL diatas:
Pengunjung melakukan permintaan dengan mengakses halaman website
Server mengirimkan sertifikat
Sistem Enkripsi berjalan
Server men-deskripsi menggunakan kode privat dan anda bisa melihat halaman yang anda akses

Itulah alur singkat, Bagaimana cara kerja sertifikat SSL berjalan. Jadi pada intinya, Komputer host akan meminta sertifikat keamanan pada server suatu website, Kemudian pada saat sertifikat dikirim maka secara otomatis sistem enkripsi akan berjalan. Dan komputer host hanya bisa mengakses halaman website tersebut bila sertifikat yang digunakan sama, dengan yang diberikan oleh server tadi.