Villagehoster.com – Terkadang smartphone menyimpan kontak yang sama hingga dua atau lebih. Hal ini disebabkan karena Anda melakukan sinkronisasi kontak dan melakukan factory reset, atau mengganti kartu SIM dan melakukan sinkronisasi pada semua kontak yang ada di smartphone.

Untuk mengatasi masalah kontak duplikat pada smartphone Anda dapat menghapusnya satu per satu secara manual, namun hal ini akan memakan waktu lama.
Oleh karena itu, untuk mempersingkat waktu maka diperlukan cara yang lebih mudah dan sederhana untuk menghapus kontak duplikat tersebut.

Berikut ini beberapa cara sederhana untuk menghapus kontak duplikat di smartphone Android, namun sebelum melakukan cara berikut ini, back up terlebih dahulu semua kontak yang ada di smartphone Anda untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan :

1. Sinkronisasi dengan akun Gmail

Anda dapat menyinkronkan semua kontak pada smartphone Anda dengan menggunakan akun Gmail yang aktif. Caranya yaitu dengan mengaktifkan fitur sinkronisasi dengan menggunakan akun Gmail. Fitur ini merupakan fitur bawaan Android.

Jika fitur tersebut diaktifkan, maka secara otomatis Anda dapat menghapus semua kontak duplikat yang terdapat di smartphone Anda. Caranya, buka akun Gmail Anda, lalu klik pada pilihan contact, maka semua kontak yang ada di smartphone Anda akan ditampilkan.
Setelah itu klik More, lalu klik Find duplicates. Kemudian tunggu hingga kontak duplikat yang ada di smartphone Anda muncul dan Anda dapat menghapus semua kontak duplikat tersebut.

2. Langsung dari kontak di Telepon

Saat ini sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan fitur merge atau menggabung kontak bawaan. Fitur ini akan memindai semua kontak yang ada di smartphone Android Anda dan menghapus kontak duplikat yang memiliki nomor serta alamat email yang sama.

Caranya yaitu masuk ke kontak lalu tekan menu. Setelah itu, pilih Merge Accounts dan tekan Merge from Google, lalu tekan OK dan tunggu hingga proses tersebut selesai.
Namun cara ini hanya menggabungkan akun-akun kontak yang bertujuan untuk menghapus kontak duplikat yang dibuat dalam beberapa akun. Oleh karena itu, cara ini kemungkinan belum dapat mengatasi semua kontak duplikat pada smartphone.

3. Menggunakan Aplikasi

Cara berikutnya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi. Aplikasi untuk menghapus kontak duplikat banyak tersedia di aplikasi Google Play Store, salah satunya yaitu aplikasi Duplicate Contacts. Aplikasi tersebut sangat mudah digunakan, selain itu aplikasi ini merupakan aplikasi gratis.

Dengan menginstall aplikasi Duplicate Contacts, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan memindai dan menampilkan semua kontak duplikat yang ada di smartphone Anda. Setelah pemindaian selesai dilakukan, Anda dapat menghapus tanda centang yang ada pada setiap kontak duplikat. Setelah itu klik Delete selected, lalu klik yes, maka semua kontak duplikat akan terhapus