Villagehoster.com – Sering gonta-ganti handphone membuat kontak yang ada di handphone lama sering kali tidak ada saat kartu SIM dipindahkan ke handphone yang baru.

Namun kini Anda tak perlu khawatir lagi, sebab berikut ini akan kami ulas cara mudah untuk transfer kontak dari handphone lama Anda ke handphone yang baru.

1. SInkronisasi akun Google

Metode pertama yang dapat Anda terapkan untuk memindahkan kontak pada handphone yang lama yaitu melakukan sinkronisasi akun Google yang Anda miliki pada kedua smartphone atau handphone Anda.

Caranya pun cukup mudah, akun Google yang Anda gunakan di smartphone lama Anda gunakan kembali di smartphone baru Anda. Setelah itu pada smartphone baru Anda, lakukan langkah-langkah berikut ini.

Pilih setting > Account > Google, kemudian aktifkan sinkronisasi kontak pada pengaturan contact sync.

2. Menggunakan kartu microSD

Jika smartphone lama dan Smartphone baru Anda memiliki slot SD card, maka untuk memindahkan kontak dapat dilakukan dengan menggunakan karu microSD. Caranya yaitu dengan membuka kontak pada smartphone lama, lalu pilih export atau import. Setelah itu, pilih export ke storage.

Selanjutnya, masuk ke buku alamat dan lakukan import pada bagian menu. Kemudian terus ikuti petunjuk yang diberikan. Akan tetapi, memindahkan kontak dengan menggunakan kartu microSD memungkinkan terjadi duplikasi kontak.

3. Menggunakan kartu SIM

Selain dengan menggunakan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda juga dapat memindahkan kontak dari smartphone yang lama ke smartphone baru yaitu dengan menggunakan kartu SIM. Cara ini hanya dapat dilakukan jika Anda menggunakan smartphone baru namun masih menggunakan kartu SIM lama. Caranya yaitu dengan menyalin semua kontak ke kartu SIM.

4. Menggunakan memori internal

Seperti halnya memindahkan kontak dengan menggunakan kartu microSD, Anda hanya perlu memilih memori internal sebagai tujuan untuk memindahkan kontak.

Caranya yaitu dengan menghubungkan smartphone ke PC dan menemukan file dengan format .vfc pada /System di smartphone Anda. Setelah itu, salin file yang sudah dipilih tersebut ke lokasi yang terdapat di PC dan lakukan pemindahan ke semartphone baru Anda.

Kemudian masuk ke buku alamat atau address book, pilih import ke smartphone baru Anda, lalu pilih internal storage. Cari lokasi file dengan format .vfc, kemudian buka dan import ke daftar kontak.

Itulah beberapa cara mudah untuk memindahkan kontak dari smartphone lama Anda.