xp-ripTepat pada hari sabtu 08/03/14 akan menjadi hari penutup Windows Xp, Sistem operasi personal computer (PC) yang telah lama hadir sejak 2001 akan resmi dipensiunkan dalam 34 hari kedepan.

Microsoft juga mempersiapkan ultimatum bagi yang masih bandel menggunakan Windows lawas itu. Windows akan memperingati untuk yang masih menggunakan Windows Xp tersebut lewat Notifikasi yang akan muncul secara terus menerus di monitor pengguna Windows Lawas itu.

Melalui blog resminya pihak Microsoft mengungkapkan, “mulai 8 Maret 2014, pengguna Windows XP versi Home atau Professional akan menerima update via Windows Update berupa notifikasi ofisial di layar komputernya. Yang menginformasikan Windows XP akan berakahir pada 8 April 2014.”

Selain menebar pesan terakhir, Microsoft juga mengajak para pengguna Windows XP untuk lebih memahami lagi resiko yang akan mereka hadapi jika tidak segera beralih ke sistem operasi modern, terutama bagi para pengguna dari segmen korporasi. Apa saja resikonya?

1. Sebuah sistem operasi yang tidak lagi menerima dukungan security update yang memadai akan lebih rentan terhadapa serangan cyber yang dapat membahayakan binis dan informasi Anda pribadi atau perusahaan.

2. Anda dapat menghadapi permasalahan software karena software yang Anda gunakan sudah tidak didukung.

3. Dukungan teknis tidak akan tersedia secara online ataupun melalui call centre jika terjadi kegagalan atau downtime karena Microsoft sudah tidak lagi bertanggung jawab atas Windows XP.

4. Biaya operasi dengan hardware dan software Windows XP untuk ke depannya mungkin akan memberatkan biaya perawatan perangkat Anda dan membatasi kinerja karyawan untuk konsumen segmen korporasi.

5. Ketika aplikasi binis yang Anda gunakan mengalami crash atau beroperasi secara abnormal, maka Anda tidak dapat mengajukan dan mendapatkan bantuan dari pihak Microsoft.

Selain itu, menurut pantauan pakar keamanan dari SANS Institute Jason Fossen, para peretas di seluruh dunia saat ini juga diduga sedang mengumpulkan berbagai informasi terkait celah-celah keamanan di Windows XP untuk segera dimanfaatkan ketika sistem operasi tersebut tidak lagi didukung oleh Microsoft.

Microsoft sejauh ini memang telah melakukan berbagai cara untuk mengajak para penggunanya beralih dari Windows XP. Namun sayang, menurut data riset terbaru yang dirilis oleh Net Applications, pengguna Windows XP terlihat justru terus bertumbuh per Januari hingga akhir Februari 2014 kemarin.

Di akhir tahun 2013 lalu pengguna Windows XP di seluruh dunia sebenarnya sudah menurun dengan market share 28,98% saja. Namun anehnya, pada Januari 2014 penggunanya justru kembali naik menjadi 29,30%. Bahkan jumlahnya kembali melonjak pada Februari 2014 menjadi 29,53 %.