terorismeparisVillagehoster.com – Hanya beberapa jam setelah serangan terkoordinasi menewaskan sedikitnya 127 orang tewas di Paris,

Facebook mengaktifkan “Safety Check in Paris” Ini adalah fitur pertama untuk Periksa Keselamatan yang telah digunakan di luar fitur periksa kesalamatan bencana alam.

fb safety statusFacebook
Inilah cara Fitur ini berkerja :

Facebook menggunakan geolocation untuk mengidentifikasi pengguna yang tinggal atau mungkin bepergian di daerah yang terkena bencana. Jaringan sosial-media kemudian mengirimkan para pengguna notifikasi dan bertanya tentang keselamatan mereka, dan mendorong mereka untuk “check-in” untuk membiarkan teman-teman tahu bahwa mereka aman.

Menurut Facebook yang dikutip melalui theatlantic.com, Safety Check in Paris terinspirasi oleh penggunaan media sosial selama gempa bumi dan tsunami 2011 di Jepang. Diluncurkan pada bulan Oktober 2014, fitur ini pertama kali diaktifkan setelah gempa bumi Nepal pada bulan April. Sejak itu telah diaktifkan dalam keadaan bencana alam lainnya, termasuk gempa bumi di Chili pada bulan September dan Badai Patricia dan gempa bumi di Pakistan pada Oktober lalu.

Memang, tampaknya Facebook Safety Check awalnya ditujukan untuk informasi dan status berbagi seperti bencana alam, serangan teroris atau kejadian lainnya.

Pernyataan Facebook pada peluncuran Safety Check mengidentifikasi fitur sebagai sesuatu yang harus digunakan pada saat “bencana” datang, seperti yang Anda lihat di bawah ini, Fitur ini secara spesifik memberikan informasi tentang Anda atau teman Anda yang berada dalam lokasi terdampak

fb-safety

Kejadian serangan Paris ini membuktikan  bahwa Facebook Safety Check bisa menjadi fitur yang berharga untuk mengetahui atau memberikan kabar dari situasi krisis seperti itu.

Jika serangan Paris menandai perluasan untuk Periksa Kesalamatan di luar bencana alam, itu akan menarik untuk kita lihat bagaimana Facebook memutuskan kapan dan pada saat apa kita bisa menggunakannya,