Sudah lama dikenal oleh orang-orang dengan dua aplikasi unggulan Google ini, yang bernama Google Voice dan Hangouts. Kini google mengabarkan dua aplikasi unggulanya telah di digabukan di dalam Google Hangouts. Beragam fitur ini dapat mempermudah komunikasi antar pengguna aplikasi tersebut.

Setelah sukses menggabungkan kedua aplikasi tersebut, kini Google juga melakukan update software baru untuk Google Hangouts agar pengguna dapat menikmati fitur baru Hangouts. Update Hangouts ini juga sudah hadir untuk pengguna Android dan iOs.

Untuk OS Android, minimal versi sistem operasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan update tersebut adalah Android 2.3 atau Gingerbread. Berkat kehadiran Google Voice dalam Hangouts, sekarang pengguna dapat menelepon pengguna Hangouts lain dengan gratis

Cara kerjanya pun cukup mudah, pengguna tinggal masuk ke Google Hangouts untuk melakukan panggilan lewat nomor yang tersimpan di Google Voice. Panggilan yang diterima lewat Google Voice pun sudah secara otomatis masuk Hangouts.

Selain fitur baru berupa panggilan gratis, aplikasi Hangouts bisa dipakai untuk mengirim pesan singkat atau SMS via nomor Google Voice. Dalam beberapa waktu ke depan Google rencananya akan menambahkan fungsi voicemail pada Hangouts. Sementara itu,semua SMS atau panggilan lewat Hangouts secara otomatis akan muncul dalam histori chatting di Hangouts.

Sayangnya, Google masih mengeluarkan patch update terbaru Hangouts untuk daerah Amerika dan Kanada. Belum ada konfirmasi lanjutan kapan fitur ini akan diterapkan secara global. Selain gratis di kedua negara, panggilan yang dilakukan ke luar negeri dari Amerika dan Kanada via Hangouts diklaim lebih murah dari panggilan menggunakan jaringan operator.