waze beli waze

waze beli waze

Rencana Google untuk meningkatkan layanan Google Maps dengan membeli Waze kelihatannya masih akan tertunda untuk beberapa waktu. Sebab pihak Komisi perdagangan pusat amerika serikat (FTC) sendiri masih ingin penyelidiki tentang pembelian Waze oleh google tersebut.

Google sendiri sebenarnya sudah membeli aplikasi Waze pada 11 Juni yang lalu dengan nilai US$ 1 miliar. Namun pihak FTC masih belum bisa menerima alasan google yang mengatakan membeli Waze untuk meningkatkan kualitas dari Google Maps, FTC cenderung menilai niat Google membeli Waze merupakan praktek bisnis anti-kompetitif.

Situs The New York Post sendiri memberitakan bahwa pihak google tidak menyerahkan review dari aplikasi Waze tersebut karena aplikasi tersebut hanya menghasilkan US$ 70 Juta per tahunnya di amerika.

FTC kali ini turun tangan untuk mengantipasi praktek monopoli yang mungkin saja terjadi karena saat ini google merupakan perusahaan terbesar di dunia online sehingga tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan praktek nomopoli dengan menenggelamkan kompetitor-kompetitornya.

Seandainya memang benar google melakukan praktek bisnis anti-kompetitif pihak FTC bisa saja memaksa google untuk kembali menjual aplikasi Waze sebab aplikasi dari Israel ini telah digunakan lebih dari 50 Juta orangini, telah diminati doleh beberapa perusahaan besar lainnya seperti, Apple, Facebook, dan Microsoft.