findnepalVillagehoster.com – Asia berduka atas Gempa yang terjadi 7,9 SR di sebuah Negara Asia Selatan yaitu Nepal, sebuah Negara yang bertetangga dengan China dan India itu menjadi sorotan Dunia sebagai salah satu Bencana Alam terburuk tahun ini.

Gempa yang berkekuatan 7.9 SR di Bhaktapur, dekat Kathmandu, Nepal, pada 26 April 2015 itu menjadi sorotan banyak orang di Seluruh Dunia.

Apalagi surat kabar dunia menyebutkan bahwa Fredinburg seorang Petinggi Eksekutif Google inc tewas saat terjadinya gempa nepal itu.

Fredinburg mengalami cedera hebat pada kepalanya akibat longsor itu, kata adik perempuannya Megan melalui media sosial. “Hati dan semangatnya akan senantiasa hidup dalam diri kita semua,” kata dia dalam posting Instagram.
Fredinburg, pendaki berpengalaman, kerap mendaki Everest bersama Jagged Globe, perusahaan yang mengorganisasi pendakian gunung.

Memastikan kematian Fredinburg, perusahaan ini mengatakan bahwa dua anggota tim lainnya mengalami cedera dalam longsor yang menggerus base camp mereka.

Satu tim divisi gunung pasukan India menemukan 18 mayat di Everest, sedangkan Kementerian Pariwisata Nepal hanya bisa memastikan 10 orang meninggal dunia, namun juru bicaranya mengatakan jumlah yang mati kemungkinan terus bertambah.

Perhatian dari Seluruh Dunia pun datang Tak terkecuali si Raksaksa Mesin Pencari yaitu Google
Google meluncurkan layanan “Person Finder”, dan sementara sebuah Perusahaan Sosial Media terbesar Facebook pun merilis “Nepal Earthquake Facebook Safety Check” .

Dengan adanya “Person Finder”, Google dapat menghimpun informasi dari area kejadian. Informasi tersebut berupa laporan sejumlah responden terkait orang yang hilang atau ditemukan.

Sebagaimana yang kami kutip melalui KompasTekno, Telegraph, beberapa jam setelah bencana tersebut, 200 nama telah diunggah ke basis data online milik Google. Data itu bisa diakses semua orang.

Hingga berita ini dibuat, sudah 4.900 data terkumpul lewat “Person Finder”. Inisiatif ini telah membantu beberapa keluarga mengetahui keadaan sanak saudaranya yang berada di area gempa.

Pasalnya, jalur komunikasi konvensional, seperti telepon dan SMS, masih terganggu. Gempa dahsyat tersebut mengakibatkan sejumlah infrastruktur ambruk dan lebih dari 750 jiwa melayang.

ini adalah Review Person Finder sebuah Pencarian untuk Korban Gempa Nepal google-finder

dan sama halnya seperti Google, Facebook pun membuat Nepal “Earthquake Facebook Safety Check” untuk mencari layanan pencarian orang milik Facebook memungkinkan penggunanya untuk memastikan keberadaan teman yang terkoneksi. Yakni, apakah ada kerabat yang berada di area gempa atau tidak. Selain itu, sama seperti Google, Facebook juga memungkinkan penggunanya yang ada di daerah gempa untuk melaporkan kondisi di sana.person-finder

sebenarnya “Person Finder” pertama kali dirilis pada 2010 sebagai respon atas gempa yang terjadi di Haiti. Kala itu, lebih dari 100.000 orang meninggal. Saat tsunami Jepang 2011 dan bom marathon di Boston 2013, “person finder” juga dimanfaatkan dengan fungsi yang sama

Namun, layanan ini masih terus digodok untuk pengembangannya. Bencana di Nepal baru-baru ini mengharuskan Google untuk kembali merilis “Person Finder” dengan perbaikan dari yang sebelumnya.

Anda dapat mencari kerabat anda di Nepal, Anda bisa berkunjung ke laman “person finder” atau dengan masuk pencarian orang Facebook dari akun Anda. untuk yang mengetahui informasi terkait para korban, bisa mengunduh data di situs tersebut atau mengecek di layanan Facebook.