facebook

facebook

Khalil Sharateh, seorang Hacker asal palestina berhasi menemukan bug di dalam situs jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook. Bug tersebut memungkin dia untuk mengupdate status di wall pemilik facebook lainnya.

Khalil Sharateh sendiri tidak ingin memamfaatkan bug ada di Facebook tersebut dia lebih memilih untuk melaporkan langsung bug tersebut ke pihak Facebook agar nantinya bug tersebut tidak mengganggu 1,1 pengguna Facebook lainnya.

Pihak Facebook sendiri memiliki program dimana mereka akan memberikan US$ 500 ditambah biaya-biaya lainnya untuk untuk setiap laporan bug yang terbukti benar.

Awalnya pihak Facebook tidak mengakui bug temuan Khalil Sharateh tersebut mereka menganggap hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Hingga akhirnya Khalil membuktikannya sendiri dengan dengan membajak akun milik Mark Zuckerberg pemilik dari Facebook tersebut.

“Dear Mark Zuckerberg, Pertama, saya meminta maaf karena menerobos privasi Anda dan memposting di Wall ini. Saya tidak punya pilihan lain karena telah melaporkannya kepada tim di Facebook” Tulis Khalil di Wall milik Zuckerberg.

Cara tersebut berhasil menyakinkan tim Facebook tentang bug tersebut sehingga mereka meminta detailnya dari Khalil namun sayangnya pihak Facebook menolak memberikan hadiah bahkan pihak facebook sempat menonaktifkan akuk Facebook milik Khalil karena mereka menganggap tindakan Khalil yang membajak wall milik Zuckerberg merupakan sebuah pelanggaran