Villagehoster.com – Salah satu jejaring sosial yang cukup populer baik itu kalangan remaja hingga orang dewasa adalah Facebook. Saat ini lebih dari 1,49 miliar orang yang ada di seluruh dunia memiliki akun Facebook. Namun dibalik hal itu, bagi pengguna Facebook, kita patut waspada terhadap keamanan dalam menggunakan jejaring sosial ini.

Jejaring sosial yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini menampilkan segala aktivitas dan informasi pribadi yang secara tidak langsung dapat memberikan risiko bagi penggunanya. Oleh karena itu, sebagai pengguna Facebook sebaiknya kita lebih teliti dalam menampilkan informasi apa saja yang perlu ditampilkan dalam laman sosial media ini.

Lalu hal-hal apa saja yang sebaiknya tidak ditampilkan di akun Facebook? Berikut ini ulasan singkatnya.

1. Nomor telepon

Sebaiknya jangan pernah menaruh informasi mengenai nomor telepon Anda pada laman Facebook. Meskipun menampilkan informasi nomor telepon pada akun Facebook tersebut memang tergantung dari keputusan Anda sendiri, namun jika Anda khawatir menjadi sasaran para penguntit, sebaiknya segera hapus informasi nomor telepon yang Anda tampilkan pada laman Facebook.

2. Tanggal lahir

Secara otomatis Facebook akan memberikan pemberitahuan terhadap siapa saja yang berulang tahun pada hari tersebut. Namun tahu kah Anda, tanggal lahir yang ditampilkan pada laman Facebook ternyata bisa menjadi sasaran bagi penjahat siber yang ingin mengetahui informasi finansial Anda, seperti rekening Anda di bank. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menampilkan informasi tanggal lahir Anda.

3. Informasi kartu kredit

Bukan hanya di Facebook, sebaiknya Anda jangan pernah menampilkan informasi kartu kredit pada sosial media mana pun dan apa pun alasannya.

4. Jangan menampilkan lokasi Anda

Sebaiknya jangan pernah menampilkan lokasi di mana Anda berada. Hal ini bisa saja membuat seseorang yang ingin berniat buruk pada Anda dengan mudah melacak keberadaan Anda melalui Facebook. Jadi, kapan pun dan dimana pun jangan pernah menampilkan lokasi Anda di Facebook.

5. Hindari mengunggah tempat dan waktu liburan

Liburan memang merupakan suatu hal yang menyenangkan sehingga Anda merasa perlu membagikannya melalui Facebook, baik itu mengunggah foto liburan, serta memposting tempat, dan waktu liburan. Namun sebaiknya hindari membagikan informasi tempat maupun waktu liburan tepat dimana Anda sedang liburan. Hal ini disebabkan karena dikhawatirkan ada orang asing yang mengetahui Anda tidak berada di rumah, sehingga rumah Anda menjadi sasaran kejahatan.