Villagehoster.com – Charge merupakan moment dimana mungkin kita tidak bisa leluasa menggunakan handphone atau smartphone karena pada saat itu handphone sedang diisi baterainya.

Saat mengisi baterai handphone ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Namun sebagai pengguna handphone, banyak dari kita yang menyepelekan hal-hal yang berkaitan dalam mengisi baterai handphone tersebut. Perlu kita ketahui bahwa ada berbagai hal yang tidak boleh dilakukan saat mengisi baterai handphone.

Oleh karena itu, berikut ini merupakan tips yang sebaiknya tidak dilakukan saat melakukan pengisian baterai handphone.

1. Jangan charge hp saat baterainya 0%

Setiap baterai memiliki batasan pengisian daya atau maksimal berapa kali mengisi baterai hingga performa handphone mulai menurun. Akan tetapi, apabila Anda menggunakan handphone hingga beterainya sudah mencapai 0% maka kemungkinan performa handphone tersebut akan menurun.

Dalam sebuah tes disimpulkan bahwa rata-rata pengisian daya handphone sekitar 1000 sampai 2500 dalam keadaan setiap kali melakukan pengisian daya pada saat baterai tersisa 25%. Namun, jika dilakukan pengisian baterai saat baterai tersebut sudah mencapai 0% maka charge cycle hanya berkisar antara 300 hingga 500 saja.

Oleh karena itu, jika baterai handphone sudah mencapai 30% sebaiknya langsung hubungkan handphone atau smartphone Anda dengan pengisi daya.

2. Hindari mengisi baterai hingga semalaman

Seringkali karena keasyikkan main handphone, banyak diantara kita yang main handphone hingga larut malam. Setelah itu mencharge handphone pada malam hari dan melepas charger handphone tersebut ketika bangun pagi, agar bisa digunakan kembali.

Namun ternyata, dengan melakukan pengisian daya hingga semalaman, maka baterai handphone bisa mengalami kelebihan kapasitas. Bukan hanya itu saja, mengisi baterai hingga semalaman dapat menimbulkan panas bahkan dapat terjadi ledakan pada handphone.

3. Hindari mengisi baterai handphone di atas kasur

Biasanya kita memainkan handphone sambil berbaring di atas kasur, ketika baterainya mulai habis kita mengisi baterai tersebut kemudian meninggalkannya di atas kasur. Tanpa kita sadari, sebenarnya menaruh handphone di atas kasur atau alas yang empuk saat mengisi baterai akan berdampak buruk pada handphone.

Hal ini disebabkan karena panas yang dihasilkan pada saat mengisi baterai akan semakin bertambah apabila berada di tempat yang empuk. Oleh karena itu, sebaiknya taruh handphone di tempat yang keras seperti meja atau lantai saat mengisi baterai.

4. Jangan charge handphone

menggunakan charger bajakan
Sebaiknya hindari mengisi baterai handphone atau smartphone Anda dengan menggunakan charger bajakan. Mengapa demikian? Karena kita tidak tahu bagaimana kualitas charger handphone bajakan tersebut.

Selain itu, hasil output dari charger bajakan tersebut juga umumnya tidak sesuai dengan yang tertera di charger tersebut. Misalnya jika tertera output 2A namun ternyata hasil outputnya di bawah 2A.