Tak semua negara di dunia mempunyai akses internet yang bisa dinikmati oleh semua warganya. Fenomena ini pun kerap terjadi di negara-negara berkembang dan negara miskin. Salah satunya adalah Brazil.

akses-internet

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Insitute of Applied Economic Research (IPEA), terdapat hampir 60 persen rumah tangga di Brazil yang tak punya akses internet. Bahkan 59.6 persen warga Brazil mengaku tidak mempunyai sebuah komputer pun di rumahnya.

Alasan utama tidak adanya akses internet tersebut adalah karena tingginya biaya yang dibutuhkan. Sebanyak 14,1 persen responden mengaku kalau mereka tidak mampu membeli paket data internet, sementara 8,7 persen lainnya mengaku tidak membutuhkan akses internet dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, sebanyak 4,3 persen responden mengaku kalau mereka bahkan tak tahu cara menggunakan internet.

Kondisi yang terjadi di Brazil ini pun tidak jauh berbeda dengan di tanah air. Pada awal tahun ini, Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan kalau Indonesia mempunyai jumlah pengguna internet sebanyak 71,19 juta orang. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2012, di mana waktu itu terdapat 63 juta orang pengguna internet.