Villlagehoster.com – Banyak dampak negatif akibat yang disebabkan dari perkembangan teknologi, yaitu salah satunya adalah pencurian data pada smartphone atau yang biasa disebut dan dikenal dengan hacker. Semakin berkembangnya teknologi maka semakin mudah para hacker tersebut untuk mencuri data orang lain. Tidak hanya data pada suatu server laptop atau komputer tetapi saat ini bisa terjadi pada smartphone. Apalagi smartphone yang fungsinya dapat digunakan untuk apa saja yang saat ini fungsinya sama seperti laptop dan komputer serta bahkan dapat dibawa kemana – mana memudahkan pengguna untuk mengakses data.

Banyak cara yang digunakan para hacker untuk mencuri data – data penting yang dibutuhkannya. Yang paling umum digunakan para hacker untuk mencuri data pada smartphone, yaitu dengan virus. Apalagi perangkat smartphone sangat rentan terhadap virus, jika sudah terkena virus maka akan sulit untuk membersihkannya. Karena para pengguna smartphone yang sangat tidak terlalu memperdulikan perangkat smartphone maka smartphone yang paling banyak dan paling sering terkena virus. Menggunakan perangkat smartphone, komputer, dan laptop tidak boleh sembarangan dalam mengakses internet karena web – web di internet yang paling menularkan virus.

Jika ingin perangkat Anda terbebas dari hacker atau setidaknya mencegah dari virus dan pencurian data, maka lakukanlah beberapa tips ini :

  • Download aplikasi, data – data, dan file – file di situs dan tempat yang terpercaya seperti pada App Store dan Google Play Store. Tempat mendownload harus diperhatikan janganlah download di situs – situs yang tidak jelas karena kemungkinan terdapat virus dan terkena virus sangat besar.
  • Gunakanlah aplikasi yang resmi pada smartphone Anda, jangan yang bajakan dan jangan yang Anda download dari tempat – tempat tidak resmi.
  • Jangan tergiur dengan WiFi, hati – hati dengan penggunaan WiFi yang terbuka dan bersifat umum karena kemungkinan para hacker bisa mencuri data Anda sangat besar. Kecanggihan teknologi akan membantu pekerjaan para hacker.
  • Tips ini yang paling penting yaitu gunakanlah aplikasi anti virus pada smartphone Anda. Tetapi perlu diperhatikan juga brand anti virus, tempat Anda download, dan resminya aplikasi anti virus tersebut. Pilihlah anti virus yang terpercaya dan terbaik.
  • Gunakanlah kode kunci smartphone yang paling aman dan sulit ditembus para hacker.

Mencegah virus sama seperti halnya penyakit jika untuk mencegah penyakit mudah tetapi jika sudah terkena penyakit sulit untuk diobati. Maka jagalah smartphone Anda.