Gmail

Gmail

Banyaknya informasi yang bocor dari Google kepada pihak Amerika Serikat telah membuat beberapa negara untuk lebih berhati-hari lagi dalam penggunaan produk perusahaan teknologi terbesar di dunia tersebut. Salah satunya adalah India. Negara dari Asia bagian selatan itu mengeluarkan kebijakan untuk para pejabat mereka untuk tidak memakai e-mail buatan google atau gmail.

Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Federal Shri Kapil Sibal mengatakan sendiri mengenai peraturan baru pemerintah India tersebut. “Ini menjadi bagian dari kebijakan baru yang akan segera dikeluarkan,”

Untuk pejabat-pejabat yang dikenai kebijakan ini masih belum diberi tahu secara rinci namun diperkirakan mereka adalah pejabat-pejabat penting dalam pengambilan keputusan di India. Pejabat pejabat ini nantinya akan diwajibkan mengirim e-mail melalui server pemerintah India.

Sebenarnya pemerintah India sendiri sudah memili server e-mail tersendiri semenjak lama, namun sayangnya para pejabat-pejabat India masih enggan menggunakan e-mail melalui server pemerintah tersebut dengan alasan server pemerintah tersebut masih memakai sistem teknologi yang sudah jadul.

“Langkah untuk kembali menggunakan layanan e-mail pemerintah ditujukan untuk memperkuat keamanan,” kata J. Satyanarayana, birokrat paling senior di Kementerian Elektronik dan Teknologi Informasi, Jumat.