https://blog.villagehoster.com/wp-content/uploads/2015/06/google-io.jpgVillagehoster.comAndroid selalu menghadirkan Inovasi dan Fitur yang membantu kehidupan saat ini.

Saat akan melakukan peluncuran Android versi terbaru yaitu Android M sempat timbul isu fitur Fingerprint Scanner,

Android Pay yang saat ini telah di luncurkan secara resmi oleh Google.

Dalam acara Google I/O 2015, Android M telah diperkenalkan kepada publik untuk pertama kalinya.

Meski adopsi global Android Lollipop masih belum menyentuh angka 10%, namun bukan berarti Google tidak bekerja keras untuk menghadirkan sistem operasi terbarunya itu. di langsir melalui chip.co.id

Saat ini Google sudah merilis versi developer preview dari Android M untuk pertama kalinya dan sudah bisa dicoba pada perangkat Nexus 5, Nexus 6 dan Nexus 9. Rencananya Android M versi final baru akan hadir pada kuartal ketiga tahun ini.

Ini Fitur yang di hadirkan dari Android M

Terbaru ‘App permissions’

https://blog.villagehoster.com/wp-content/uploads/2015/06/Android_M_Permissions.png
Feature pertama Android M yang diperkenalkan pada Google I/O keynote adalah ‘app permissions’ baru. Kini para pengguna Android M tak akan terganggu lagi dengan banyaknya permintaan ijin dari aplikasi, misalnya izin untuk mengakses kamera, kontak, microphone, dan lainnya.

Pada Android M, permintaan izin dari aplikasi hanya akan berlangsung sekali saat pertama kali aplikasi tersebut diunduh. Hal ini mirip dengan ‘app permissions’ pada sistem operasi iOS.

Terbaru Google Now
https://blog.villagehoster.com/wp-content/uploads/2015/06/android-m-google-now-on-tap-1-970-80.jpg

Salah satu peningkatan terbesar pada Android M adalah pada feature Google Now. Kini digital assistant tersebut telah dibuat semakin pintar dan diberikan tambahan feature baru bernama ‘Now on tap’.

Berkat feature baru tersebut, Google Now akan semakin mengerti permintaan penggunanya dan memungkinkan Google Now melakukan beberapa tindakan yang cerdas. Contohnya: saat mendengarkan lagu dan bertanya tentang artis yang menyanyikan lagu tersebut, Google Now akan tahu siapa yang pengguna maksud tanpa perlu menyebut namanya dan akan menampilkan semua informasi penting tentang penyanyi tersebut.

Terbaru Android Pay
https://blog.villagehoster.com/wp-content/uploads/2015/06/v-fxslgeur-_qz_5chd6n4k5bg7tbt4j3vrt7tr5ehm-2048x1365.jpg
Dalam acara Google I/O 2015, Google juga memperkenalkan layanan Android Pay yang mirip dengan Apple Pay. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran secara mobile dan menggunakan konektivitas NFC.

Fingerprint Scanner
https://blog.villagehoster.com/wp-content/uploads/2015/06/702x473xAndroid-Fingerprint-Scanner-Samsung.jpg.pagespeed.ic_.69nRMRqRSr_B_RtUkeUg.jpg
Selain layanan pembayaran baru, Android M juga hadir dengan dukungan terhadap pendeteksi sidik jari, sehingga para vendor tak perlu repot untuk menanamkan layanannya sendiri lagi.

Integrasi Chrome
Google
Saat ini aplikasi pihak ketiga seperti Facebook akan menggunakan aplikasi browser pihak ketiga saat pengguna membuka sebuah link dari dalam aplikasi. Pada Android M, hal tersebut tak akan terjadi lagi, karena Google telah mengizinkan integrasi mendalam antara aplikasi pihak ketiga dengan Chrome. Semua link nantinya akan dibuka dengan Chrome namun tetap menggunakan desain antar muka yang sesuai dengan aplikasi pihak ketiga itu sendiri.

Dengan fitur-fitur terbaru di atas apakah sudah membantu Anda untuk lebih mudah saat menggunakan Smartphone Android Anda? Jawabannya ada pada saat Anda menggunakan Android M ini