Jenis-jenis Website

Dengan perkembangan internet yang sangat pesat, dan penggunanya yang semakin banyak. Ternyata hal ini yang berbanding lurus dengan perkembangan website yang ada di internet. Semakin banyak orang atau perusahaan yang berkeinginan mempunyai website mereka sendiri, sehingga muncullah beragam jenis website. Berikut diantaranya jenis-jenis website yang saat ini mulai tren :

1. Basic
Secara fungsi dasar dari website disediakan untuk publikasi informasi. Adapun informasi yang akan disediakan adalah beraneka ragam dari profile pribadi hingga company profile.
Fokus dari website jenis ini adalah untuk publikasi informasi.

2. Search Engine
Website dengan jenis Search Engine ini memiliki fokus untuk mencari segala hal yang berada di internet, mulai dari website lain, file-file yang ada di website, foto dan video. Kemudian menampilkannya secara berurutan mana yang paling sesuai dengan kata kunci yang di ketikkan oleh user yang mencari informasi tersebut.

3. Portal
Website jenis portal merupakan pintu gerbang bagi website lain seperti halnya juga search engine. Tetapi di dalam portal situs-situs tersebut lebih disusun untuk disajikan. Berbeda dengan search engine website tersebut bukan dicari datanya secara otomatis oleh mesin pencari tetapi disimpan dan dikelola oleh pengelola portal secara dictionary.

4. Blog
Blog merupakan jenis website seperti buku harian yang terpublish di internet. Seorang pengelola blog dapat dengan bebas menuangkan pikirianya dalam bentuk tulisan ke dalam website ini. Tulisan tersebut selanjutnya disimpan di database dan di publish di internet. Fungsi utama dari website Jenis ini adalah publikasi dalam bentuk artikel di internet.

5. Networking
Website dengan jenis networking adalah situs penyedia yang menampung member-member untuk membentuk suatu komunitas. Sehingga member-member di dalam website tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar pikiran. Di dalam website jenis ini sesama member dapat saling berkenalan dan menjalin relasi satu sama lain. Pertukaran pesan dan testimonial pun terjadi diantara member yang belum atau sudah menjalin relasi.

6. Forum
Forum adalah website membership seperti halnya networking. Tetapi tidak berfokus pada friend relationship seperti situs networking. Situs ini lebih berfokus sebagai ajang diskusi di internet. Adapun diskusi dalam bentuk tulisan yang diposting oleh member di organisasikan dengan lebih baik hingga perkategori yang terdiri dari berbagai sub-sub. Tujuan dari website jenis ini adalah wadah saling bertukar pikiran dalam diskusi.

7. News
News site adalah website yang mengelola berita untuk di publish ke internet. Pengelola website dapat mengelola yaitu antara lain menulis dan memanage berita. Kemudian user internet dapat melihat informasi berita tersebut melalui website.

8 . Event Organizer
Website jenis ini adalah website yang mengelola manajemen informasi pengadaan acara. Informasi yang disajikan website ini biasanya berorientasi waktu, misalnya informasi kapan diadakannya sebuah event, event yang terlewatkan dan event yang akan diadakan nantinya. Di dalamnya juga terdapat keterangan deskripsi tentang event tersebut dan judul event.

9. Gallery
Gallery website menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online. Pengelola website dapat menyimpan foto atau gambar yang diinginkan lalu dikategorikan dan di manage setelah itu di publish.

10. Multimedia Streaming
Video streaming dan audio streaming sekarang merupakan trend baru dari dunia website. Di dalam website jenis ini seseorang dapat menonton atau mendengarkan secara langsung multimedia melalui web. Untuk membangun website ini diperlukan server yang memiliki koneksi internet yang high dan up stream, ini dikarenakan file-file multimedia yang relatif berukuran besar.

11. E-Commerce
Website dengan sistem e-commerce adalah website yang bertujuan untuk melakukan perdagangan melalui media internet. Pengelola dapat mengorganisir barang-barang yang ingin dijual lalu mempublikasikan secara online beserta harganya. Ada juga yang menyediakan transaksi online melalui website ini. Yang jelas dalam hal ini website dimanfaatkan sebagai toko di dalam internet.
Fokus situs ini adalah perdagangan online

12. E-Learning
E-Learning merupakan website yang menyediakan pembelajaran online melalui internet. Pembelajaran dilakukan melalui berbagai media seperti tulisan, gambar hingga multimedia.