Keamanan Server WWWKeamanan server menjadi hal yang harus diutamakan terlebih lagi bagi seorang administrator, secara tidak langsung dengan memasang server WWW di sistem Anda, Anda membuka akses ke dunia luar (meskipun secara terbatas). Apabila server Anda terhubung ke internet dan memang server WWW Anda disiapkan untuk di akses oleh publik, Anda harus lebih berhati-hati sebab Anda membuka pintu akses ke seluruh dunia. Server WWW menyediakan fasilitas agar client dari tempat lain dapat mengambil informasi dalam bentuk berkas (file) atau mengeksekusi perintah (menjalankan program) di server.

Fasilitas pengambilan file di server beragam diantaranya dilakukan dengan perintah GET, sementara mekanisme untuk mengeksekusi perintah di server dapat dilakukan dengan CGI (Common Gateway Interface), Server-side Include (SSI), Active Server Page (ASP), PHP, atau dengan menggunakan servlet (seperti penggunaan Java Servlet).

Kedua jenis servis di atas (bisa mengambil berkas maupun menjalankan program di server) memiliki potensi lubang keamanan yang berbeda. Adanya lubang keamanan di sistem server WWW dapat dieksploitasi dalam bentuk yang beragam, antara lain:
-Informasi yang ditampilkan di server diubah sehingga dapat mempermalukan perusahaan atau organisasi Anda (dikenal dengan istilah deface).
-Informasi yang semestinya dikonsumsi untuk kalangan terbatas (misalnya laporan keuangan, strategi perusahaan Anda, atau database client Anda) ternyata berhasil disadap oleh saingan Anda (ini mungkin disebabkan salah setup server, salah setup router/firewall, atau salah setup autentikasi).
-Informasi dapat disadap (seperti misalnya pengiriman nomor kartu kredit untuk membeli melalui WWW atau orang yang memonitor kemana saja Anda melakukan web surfing).
Server Anda diserang (misalnya dengan memberikan request secara bertubi-tubi) sehingga tidak bisa memberikan layanan ketika dibutuhkan (Denial of Service Attack).
-Untuk server web yang berada di belakang firewall, lubang keamanan di server web yang dieksploitasi dapat melemahkan atau bahkan menghilangkan fungsi firewall (dengan mekanisme tunneling).