Mengenal Search Engine MarketingSudah menjadi standarisai bahwa masyarakat luas sudah terbiasa mencari segala sesuatu dengan menggunakan search engine. Search engine memang dirancang untuk membantu pengunjung untuk memberikan info sesuai dengan keyword yang dicari. Hanya dengan mengetikkan suatu keyword yang menunjukkan apa yang ia cari, search engine kemudian memberikan daftar halaman yang merupakan hasil pencarian. Daftar halaman hasil pencarian inilah yang disebut Search Engine Result Page (SERP).

Daftar halaman hasil pencarin dibagi menjadi 2 :

Daftar yang bersifat organic atau natural
Daftar SERP yang bersifat organic ini merupakan hasil yang dibuat oleh search engine sesuai algoritma yang dia pakai. Algoritma ini sendiri merupakan rahasia dari penyedia search engine dan terus diperbarui supaya menghasilkan hasil pencarian yang relevant dengan keinginan pengunjung yang diwujudkan dalam keyword yang dimasukkan

Daftar hasil pencarian yang bersifat iklan
Selain hasil pencarian yang bersifat organic, ada hasil pencarian yang bersifat iklan dimana untuk bisa masuk di daftar ini kita harus membayar ke search engine.

Hasil yang muncul dalam daftar pencarian organik ini merupakan hasil yang dihasilkan oleh suatu algoritma yang dimiliki search engine. Google tidak menerima pembayaran untuk hasil pencarian organik.

Perusahaan atau orang yang ingin mempromosikan produknya melalui search engine dapat mempromosikan produknya melalui jalur iklan. Di Google ini dinamakan Google Adwords. Bagaimana supaya bisa tampil hal ini dijelaskan oleh Google melalui berbagai macam informasi terkait Google Adwords. Inilah yang disebut SEM (Search Engine Marketing).

Didalam SEM (Search Engine Marketing) ini Google memberikan langkah-langkah beriklan di sini. Dengan langkah-langkah ini akan memberikan petunjuk kepada pemasang iklan bagaimana beriklan dengan baik. Secara umum dalam perencanaan periklanan kita harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini :

  • Produk Apa Yang Akan Kita jual
  • Siapakah Target Pasar Kita
  • Pesan apa yang ingin kita sampaikan melalui iklan kita
  • Produk mana yang lebih banyak memberikan pendapatan?

SEM (Search Engine Marketing) adalah sebuah solusi instan didalam pemasaran didalam internet salah satunya adalah iklan di google Addword , dimana ROI (Return Of Investment) akan terasa sangat cepat dan budget dalam pemsaraan dapat terkontrol sesuai dengan target yang di harapkan.

Kami berikan link referensi dalam pemanfaatan SEM ( Search Engine Marketing ), Online Advertising