Villagehoster.com – Bagi para pengguna smartphone atau handphone seluler yang pernah mengalami smartphonenya terkena air ataupun jatuh ke dalam genangan air, tentunya hal ini sangat menyebalkan. Sebab sebagai alat elektronik, ponsel yang terkena air dapat mengalami kerusakan. Sebagai pengguna smartphone, kita juga tidak bisa mencegah agar smartphone tidak terkena air maupun terjatuh ke dalam genangan airparamun bagi Anda yang smartphonenya terlanjur terkena air tidak perlu khawatir, sebab beberapa langkah berikut ini akan membantu Anda untuk menyelamatkan smartphone terkena air.

Meskipun demikian, menyelamatkan smartphone yang terkena air juga tergantung dari kondisi air yang terdapat di dalam smartphone tersebut. namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba beberapa langkah berikut ini. Langsung saja, berikut ini merupakan cara untuk menyelamatkan smartphone Anda dari kerusakan akibat jatuh ke dalam genangan air.

Langkah-langkah untuk menyelamatkan smartphone yang terkena air :

1. Keluarkan dari air dan matikan

Jika smartphone Anda jatuh ke dalam sumber air, maka hal yang harus Anda lakukan yaitu segera mengeluarkannya dari sumber air tersebut. Hal ini bertujuan agar smartphone Anda tidak terlalu lama berada di dalam air.

Setelah mengeluarkan smartphone dari dalam air, selanjutnya pastikan bahwa smartphone dalam keadaan mati. Apabila ketika diambil smartphone Anda masih menyala, segera matikan ponsel tersebut. Smartphone yang dibiarkan dalam keadaan menyala, akan mengakibatkan air yang masuk ke dalam ponsel tersebut bersinggungan dengan listrik. Hal ini mengakibatkan komponen yang berada di dalam ponsel akan mengalami kerusakan.

2. Jangan menggoyangkan ponsel

Terkadang kita menggoyangkan ponsel untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam ponsel tersebut. Namun hal ini sebaiknya jangan dilakukan, sebab besar kemungkinan air yang terdapat di dalam ponsel tersebut akan semakin menyebar.

Selain itu, dengan menggoyangkan ponsel akan menyebabkan ponsel tersebut bergerak terlalu banyak yang akan berakibat air yang ada di dalam ponsel tersebut terus bergerak ke bagian lain yang mungkin sebelumnya belum terkena air.

3. Bongkar dan pisahkan komponen

Ketika smartphone Anda terkena air, maka sebaiknya bagian dari perangkat ponsel tersebut harus segera dikeluarkan. Hal ini bertujuan agar menghindari kerusakan yang lebih luas. Komponen tersebut diantaranya seperti kartu SIM, Micro SD, dan baterai.

4. Gunakan tisu

Setelah komponen-komponen sudah dikeluarkan, sebaiknya langsung membersihkan sisa-sisa air yang berada di dalam ponsel tersebut. Membersihkan sisa-sisa air dapat dilakukan dengan menggunakan tisu, namun perlu diperhatikan dalam membersihkan perangkat tersebut agar tidak merusak komponen lainnya.

5. Memanfaatkan Vacuum Cleaner

Pada umumnya vacuum cleaner memang digunakan sebagai alat pembersih rumah tangga, namun ternyata alat ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengeringkan sisa-sisa air dalam ponsel.

6. Pengeringan

Untuk memastikan apakah ponsel tersebut benar-benar sudah kering, Anda dapat meletakkan ponsel tersebut ke dalam plastik kedap udara selama beberapa hari, lalu lihatlah apakah terdapat air dalam kantong plastik tersebut.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan Smartphone Anda yang terkena air.