Nokia Siemens Networks

Nokia Siemens Networks

Ambisi Nokia untuk kembalio berjaya di pasar indrustri smartphone mulai terlihat jelas. Hal ini bisa dilihat dari pembelian Nokia atas saham Siemens pada perusahaan gabungan antara Nokia dan Siemens ( Nokia Siemens Networks ).

Nokia yang awalnya hanya memiliki saham 50 persen di Nokia Siemens Networks kini sudah memiliki 100% saham setelah membeli 50% lagi saham milik Siemens. Nokia sendiri sudah akan membayar sebesar langsung 1,2 miliar euro kepada pihak Siemens atas 50% saham yang mereka beli serta sisa pembayarannya akan dijadikan utang Nokia kepada pihak Siemens yang akan dibayar dalam jangka waktu satu tahun semenjak kesepakatan.

Pembelian saham Nokia Siemens Networks ini telah membuktikan betapa besarnya niat dari Nokia untuk kembali berkuasa di indrustri smartphone. setelah beberapa tahu terakhir ini mereka sempat tercampakan oleh Apple dan Samsung.

Sementara di pihak lain, Siemens justru ingin keluar dari indrustri smartphone dan komunikasi. Siemens lebih memilih untuk fokus di indrustri energi dan proyek-proyek kesehatan dan infrastruktur.