Telkomsel

Belum lama ini PT Telkomsel mengalami turunnya pengguna kartu tersebut, turunnya pengguna kartu yang dinamakan telkomsel tersebut dikarenakan kualitas layanan Telkomsel memburuk. Mengalami masalah tersebut Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga langsung angkat bicara.

“Secara kualitas, layanan Telkomsel masih yang terbaik di Indonesia. Kapasitas kita masih biru belum ada yang merah karena kapasitas terus bertambah, kita terus tambah BTS (base transceiver station) untuk penuhi kebutuhan pelanggan,” klaim Alex.

“Setiap kita melakukan pemasangan BTS baru kita harus melakukan tuning juga di BTS lama. Ketika tuning memang biasa ada penurunan kualitas, tapi itu terjadi dalam waktu yang pendek,” imbuh Alex.

Meski begitu, Alex tak menampik kemungkinan adanya kualitas yang turun pada layanan Telkomsel dalam waktu singkat. Hal tersebut ditengarai adanya proses pengaturan ulang (tuning) saat pemasangan BTS yang saat ini sedang getol dilakukan Telkomsel.

Pria asal Sumatera Utara itu pun mengakui masalah lain dari sekedar pembangunan BTS. Pertumbuhan pelanggan secara signifikan yang dimiliki Telkomsel diakui tidak seimbang dengan penambahan spektrum yang dimilikinya.

Telkomsel saat ini memiliki sumber daya frekuensi seluas 7,5 Mhz di spektrum 900 Mhz, 22,5MHz di spektrum 1800 Mhz dan 10 Mhz di spektrum 2100 Mhz yang digunakan sebagai 3G untuk melayani 138 juta pelanggan di seluruh Indonesia.