cms website

cms website

Saat kita mulai belajar mengenai cara membuat website kita tidak akan lepas dengan yang mananya CMS. Lalu apa arti dari CMS itu sendiri ?

CMS atau content management system secara umum dapat diartikan : Sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis.

Jadi dengan CMS ini anda bisa dengan mudah mengelola isi dari website tersebut dan bahkan mungkin bukan hanya isi dari websitenya saja namun dengan CMS anda juga bisa menambahkan dan menghapus fitur dari website itu sendiri.

CMS juga memisahkan antara isi dan desain dari suatu website. Jadi anda tidak perlu khawatir jika nantinya saat anda mengubah isi dari suatu website tampilan (desain) website anda tidak akan ikut berganti begitu juga sebaliknya saat anda mengubah desain website anda tidak perlu cemas dengan ini dari website anda.

Di dalam CMS alur kerja dan hak akses juga diatur. Hal ini sangat berguna untuk memanajemen pengelolaan website, dan hal ini akan sangat menguntungkan bagi mereka-mereka yang memiliki sebuah website yang komplek dan membutuhkan kemajuan yang cepat.

Untuk saat ini sudah sangat CMS-CMS yang ada bahkan banyak pula CMS yang bersifat gratis sebut saja contohnya Joombla, wordpress, atau mungkin Prestashop. Tinggal bagaimana anda mengembangkan dan mengelola CMS tersebut saja.