Mengenal CMS

Content Management System atau yang biasa disingkat CMS adalah aplikasi website yang berisikan templates untuk mengelola halaman website secara lebih mudah dan terorganisir. Dengan adanya CMS semua proses mendesain website dan pengisian konten pada website itu sendiri akan lebih mudah, karena CMS sudah memiliki tampilan yang user friendly. Sehingga bagi kita orang awam sekalipun pasti akan cepat mengerti dalam menggunakan CMS tersebut. CMS sudah banyak digunakan baik untuk personal website atau bahkan untuk website bersekala perusahaan, tinggal bagaimana kita memanage CMS tersebut menjadi tampil berbeda.

Berikut dibawah ini pemanfaatan CMS:

  1. Portal
  2. Company Profile
  3. Online Store

Karena CMS memisahkan antara isi dan desain, konsistensi tampilan dapat senantiasa dijaga dengan baik. Setiap bagian dari website dapat memiliki isi dan tampilan yang berbeda-beda, tanpa harus khawatir kehilangan identitas dari website secara keseluruhan. Oleh karena semua data disimpan dalam satu tempat, dengan CMS pemanfaatan kembali dari informasi yang ada untuk berbagai keperluan dapat dengan mudah dilakukan.

CMS juga memberikan kefleksibelan dan kemudahan dalam hak akses, sehingga memperbesar kesempatan berpartisipasi dari pengguna dalam pengembangan website. Hal ini akan sangat menguntungkan bila website yang dikelola memiliki kompleksitas yang tinggi dan mengalami kemajuan yang cukup pesat.