backlink

backlink

Backlink, mungkin kata-kata sudah sering kita dengar jika meyangkut segala sesuatu tentang yang behubungan dengan website terutama SEO dari suatu website. Lalu apakahkah arti backlink itu sebenarnya?.

Backlink adalah sebuah script link yang disusun berisi alamat suatu webesite, yang dipasangkan kedalam website lainnya. Melakukan backlink sangatlah penting bagi suatu website, sebab dengan melakukan backlink kita dapat meningkatkan pagerank dari website.Dan backlink juga sangat penting untuk SEO, sebab kebanyakan search engine sekarang menggunakan banklink sebagai acuan kekuatan dari website.

Ibaratkan manusia, jika nama dan alamat anda tersebar dimana mana, tentu saja hal itu akan mempengaruhi tikat keterkenalan anda di masyarakat umum lainnya semakin banyak nama yang anda tebar akan semakin banyak pula orang yeng mengenal anda.

Sistem search engine juga demikian semakin terkenal suatu website tersebut maka search engine akan semakin memprioritas website anda dalam segala hal yang berhubungan denga isi dari website anda.

Namun ada suatu hal yang harus diperhatikan sistem backlink. seperti perumpamaan diatas semakin banyak yang mengenal anda makan akan semakin terkenal anda namun ada cara cepat agar bisa terkenal yaitu menjadi menjadi terkenal diantara golongan orang yang sudah terkenal. Kalau dibawa ke dalam istilah website, saat anda ingin mendapatkan pagerank 5 anda harus melakukan 100 backlink pada website dengan pagerang 3 atau anda juga bisa menghasilkan hal yang sama dengan melakukan 10 backlink dengan kepada website yang memiliki page rank 7.

Sistem backlink juga dapat dibagi dalam tiga golongan seperti berikut ini:

1. Backlink satu arah

Ini adalah saat suatu website memberikan backlink website lainnya namun si pembuat backlink tersebut tidak membuat link website yang dia backlink-an tersebut di websitenya sendiri. Hal ini bisa terjadi saat anda mgomentari suatu website dengan meninggalkan link website anda atau mungkin anda anda memposting seuatu thread di website-website forum.

2. Backlink dua arah

Ini adalah saat suatu website dan website lainnya saling bertukang link website satu sama lainnya. hal ini biasanya terjadi karena kesepakan kedua belah pihak, untuk menjali kerja sama mereka melakukan pertukaran link agar saling menguntungkan kedua belah pihak sebab sistem yang ini lebih baik dari pada sistem backlink satu arah.

3. Three Way Links atau sistem pohon link.

Ini adalah suda merupakan sistem backlink yang lumayan rumit, Sistem ini bisa terjadisaat suatu suatu website (website pertama ) membuat banklink kedalam suatu website (website dua) dan kemudian seseorang menyebarkan lagi link tersebut dengan tujuan backlink adalah website dua. Contohnya adalah saat anda menulis thread di kaskus dengan backlink kearah website anda. kemudian seseorang yang tertarik dengan thread anda itu tersebut dan mempostinya ditempat lain dengan backlink kearah kaskus dan adalagi yang melakukan hal itu setelah itu dengan backlink kearah website dibawah kaskus tadi, dan seterusnya sehingga diagram arus backlinknya seperti pohon-pohon yang bercabang. Hal ini sangat sulit dilakukan namun karena kesulitanya itu pula lah hal tersebut memiliki nilai yang tinggi dibandingkan dua sistem yang lainnya.