Villagehoster.com – Jejaring sosial yang paling difavoritkan dan yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal dan interlokal adalah facebook. Dari pertama kali facebook diluncurkan sampai saat ini, facebook tetap menjadi jejaring sosial yang paling banyak dikunjungi. Meski banyak jejaring sosial lainnya yang diluncurkan tetapi tetap saja jejaring sosial lainnya masih kalah dengan facebook, tetap facebook yang menjadi favoritnya. Jika diurutkan berdasarkan jumlah pengunjung yang setiap hari membuka jejaring sosial, dipastikan urutan teratas adalah jejaring sosial facebook. Bahkan investor teknologi asal Rusia memprediksi facebook akan bertahan selama 100 tahun ke depan bersamaan dengan Google dan Wikipedia.
Mengapa facebook menjadi jejaring sosial yang paling banyak dikunjungi ?. Inilah kelebihan facebook dibanding dengan jejaring sosial lainnya.
– tampilan facebook yang simple namun memiliki grafis yang tidak kalah menarik dengan jejaring sosial lainnya membuat orang tertarik;
– menu pada facebook lebih mudah dimengerti dan sangat lengkap;
– keunggulan facebook satu ini yang sangat menjadi andalan facebook adalah dapat melihat teman yang sedang online dan chat secara langsung;
– facebook juga bisa menerjemahkan sebuah bahasa;
– keamanan pengguna facebook lebih terjamin;
– facebook dapat menyebarkan status, video, iklan, catatan dengan mudah dan lebih cepat
– tidak perlu mempunyai pengetahuan banyak mengenai IT untuk memainkan facebook karena secara otodidak akan cepat bisa.
Maka tidak heran mengapa facebook menjadi jejaring sosial yang paling difavoritkan dan selain digunakan untuk mencari teman, berbagai pengalaman, bermain game, dan hiburan facebook dalam dunia bisnis juga digunakan untuk ajang promosi karena para pebisnis memanfaatkan kepopuleran facebook yang selalu dikunjungi pengguna internet setiap harinya. Facebook dianggap para enterpreneur menjadi sarana media sosial yang paling efektif untuk berpromosi. Sehingga muncullah online shop yang sekarang menjadi trend. Facebook dapat membantu bisnis Anda menjadi berkembang.
Seiring dengan perkembangan teknologi dan dipengaruhi dengan para pengunjung, facebook membuat aplikasi – aplikasi yang mendukung para enterpreneur untuk berpromosi lebih mudah dan lebih banyak dilihat konsumen. Facebook membuat sarana promosi dari mulai promosi yang gratis sampai dengan promosi yang berbayar. Contoh promosi yang gratis adalah dengan membuat grup, sharing (dengan tag atau status) ke teman – teman facebook, membuat event, dan membuat fanspage. Contoh promosi berbayar, yaitu dengan memasang iklan pada facebook untuk dipromosikan kepada semua pengguna facebook.
Bahkan untuk mengoptimasi suatu website saja, para pemilik web banyak yang memanfaatkan facebook untuk menaikan webnya agar dapat dibaca oleh google dengan cara menaruh link website mereka pada status mereka. Dalam dunia internet marketing, facebook menjadi sarana penjualan terpenting. Berikut ini tips untuk mengembangkan bisnis Anda menggunakan facebook, yaitu :
– Interaksi dengan pemilik akun facebook lainnya
Komunikasi dengan pengunjung facebook lainnya secara tidak langsung sama saja akan memperkenalkan produk Anda. Usahakan selalu membuat produk Anda dikenal orang banyak.
– Buatlah status dengan kata – kata postitif ataupun gambar – gambar yang postif dan buatlah status dengan kalimat yang persuasif. Agar membuat orang tertarik melihat profil – profil produk yang Anda jual.

– Gunakan video
Buatlah atau carilah video yang menarik dan unik yang masih berhubungan dengan produk Anda. Para pengguna internet tertarik dengan hal – hal yang unik dan lucu.
– Ini adalah salah satu cara yang digunakan untuk optimasi sebuah web tetapi bisa juga Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda yaitu dengan cara buatlah artikel mengenai produk Anda lalu cantumkan link website Anda.
– Anda bisa memanfaatkan fitur – fitur yang disediakan facebook, seperti membuat event, fanspage, grup, dll
Banyak para pengguna internet yang membuka online shop dan para UKM yang membuka online shop dengan memanfaatkan jejaring sosial dan media sosial untuk mengembangkan bisnisnya dan pada akhirnya berhasil karena memang peluang untuk berbisnis secara online sangat menguntungkan dapat meraup keuntungan lebih dan dapat menjangkau ke seluruh penjuruh dunia.