Seiring dengan perkembangan teknologi pada saat ini jejaring sosial menjadi berkembang dan banyak yang baru. Dan karena perkembangan teknologi semua kegiatan manusia menjadi sangat terbantu dan menjadi lebih cepat selesai. Tetapi di sisi lain akibat dari perkembangan teknologi banyak sekali dampak negatifnya. Salah satunya adalah hacker, semakin berkembangnya teknologi maka tindakan – tindakan hacker juga dapat berkembang. Target kejahatan hacker dan target kejahatan cyber yang paling menjadi sasaran adalah jejaring sosial. Sehingga pada jejaring sosial lah yang sering terjadi tindakan – tindakan kriminal seperti penipuan, pencurian, dan hal – hal yang negatif lainnya.

Jejaring sosial yang sering terjadi kejahatan cyber dan kejahatan hacker adalah facebook dan twitter. Facebook dan twitter sangat mudah diakses dan proses registrasinya juga sangat mudah. Kemudahan – kemudahan dalam menggunakan facebook dan twitter menjadi daya tarik netizen sehingga para netizen terus menggunakan facebook dan twitter untuk berbagi informasi, pengalaman, dan komunikasi. Jejaring sosial dapat membuat para penggunanya asyik bermain jejaring sosial dan lupa akan keamanan akun pribadi jejaring sosial mereka sehingga peluang untuk tindak kejahatan semakin luas.

Yang tepenting untuk para netizen harus selalu menjaga keamanan jejaring sosial miliknya. Biasanya pada jejaring sosial terdapat menu identitas diri seperti alamat rumah, nomor telepon, anggota keluarga, dan data – data pribadi lainnya. Sebaiknya jangan diisi terlalu lengkap dan perhatikan juga apakah data diri tersebut dapat diprivasikan atau tidak jika dapat diprivasikan boleh saja Anda isi. Kebanyakan netizen juga menggunakan jejaring sosial untuk share dimanapun mereka berada secara langsung, sebaiknya hal seperti itu dihindarkan karena dapat memberikan peluang untuk tindakan kriminalitas.

Berhati – hati jugalah ketika para netizen sharing foto pribadi karena foto pribadi juga dapat digunakan untuk hal – hal yang tidak diinginkan. Privasi pada akun jejaring social Anda sangatlah penting. Aturlah akun Anda untuk hanya bisa dilihat sesama teman saja, tidak untuk publik dan selektif dalam memilih pertemanan dengan orang yang baru Anda lihat di jejaring sosial.