Villagehoster.com – Sering kali ketika smartphone tidak digunakan, namun daya baterai tiba-tiba jauh berkurang dari sebelumnya. Perlu Anda ketahui bahwa ada berbagai hal yang dapat menyebabkan baterai Smartphone cepat habis padahal tidak digunakan. Nah berikut ini beberapa hal yang kemungkinan besar dapat menyebabkan baterai Smartphone menjadi cepat habis.

Background apps

Hal pertama yang dapat menyebabkan baterai smartphone Android Anda cepat habis adalah disebabkan karena pada malam hari banyak aplikasi yang berjalan di background process atau proses latar belakang. Khususnya yang terhubung dengan internet, salah satunya adalah aplikasi media sosial.

Media Sosial

Bagi sebagian besar pengguna Smartphone Android, memiliki akun media sosial merupakan salah satu kebutuhan. Bukan hanya satu aplikasi media sosial yang digunakan, namun aplikasi media sosial yang terpasang pada Smartphone Android bisa lebih dari tiga aplikasi.

Baterai smartphone Android akan cepat habis disebabkan karenaadanya fitur notifikasi atau pemberitahuan dari aplikasi media sosial yang aktif.

Oleh karena itu, jika aplikasi media sosial tersebut masih dapat di buka melalui browser seperti Google Chrome, maka tidak ada salahnya untuk login media sosial tersebut dengan menggunakan Chrome.

Beberapa aplikasi media sosial yang masih bisa diakses melalui Google Chrome diantaranya yaitu Facebook, Twitter dan Instagram. Meskipun demikian, ada sedikit perbedaan jika kita menggunakan beberapa media sosial tersebut melalui Google Chrome.

Dengan begitu, aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dapat Anda hapus dari Smartphone Anda. Selain dapat menghemat daya baterai Smartphone Android, namun juga dapat menekan penggunaan data.

Penggunaan Wallpaper

Penyebab lain yang membuat baterai smartphone cepat habis adalah karena adanya penggunaan wallpaper berwarna cerah. Selainitu, wallpaper bergerak juga dapat mengonsumsi lebih banyak daya baterai.
Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah wallpaper yang berwarna gelap agar baterai smartphone Anda lebih hemat.

Jumlah widget

Jumlah widget yang terpasang di home screen juga dapat menyebabkan baterai smartphone lebih cepat habis.
Dengan demikian, sebaiknya Anda mencopot widget yang tidak terlalu penting.

Cara Mengatasi

Selain langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, untuk menghamat penggunaan daya baterai Smartphone, Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti Greenify.
Aplikasi tersebut digunakan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja baterai Smartphone Andriod Anda.

Bukan hanya itu saja, Greenify juga mampu membuat aplikasi masuk ke dalam modus hibernasi, jika aplikasi tersebut tidak digunakan. Sehingga hal ini mencegah aplikasi pada proses latar belakang.