Apple dan Samsung

Apple dan Samsung

Kata-Kata Apple Dan Samsung Mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, ya Apple dan Samsung merupakan dua penguasa dari smartphone yang ada di dunia saat ini.

Menurut Riset yang dilakukan oleh Enders Analysis menyatakan ” dalam sebuah grafik dominasi Apple dan Samsung, terlihat tiga hal utama seperti unit, pendapatan dan keuntungan operasional. Menurutnya, jika melihat pangsa pasar smartphone, platform Android semakin dominan.”

Sistem operasi Android meraih pangsa yang besar dari pasar yang lebih besar. “Melihat pangsa smartphone atau profit share atau platform share, semua mengatakan sesuatu tentang industri. Namun ketiga metrik (pengukuran) ini bisa ‘menyesatkan’ bila Anda melihat siapa yang ‘menang’,” ungkap Evans.

Menurutnya, ketiga metrik ini tidak bisa dijadikan sebagai parameter bahwa sebuah vendor lebih unggul ketimbang yang lain. Sebab, setiap pemain di pasar memiliki keunggulan masing-masing.

“Karena ‘menang’ berarti hal yang berbeda untuk Apple, Samsung atau Google,” tambahnya. Riset pangsa pasar industri handset global ini terhitung pada kuartal pertama 2013.

grafik apple dan samsung

Pada grafik yang diungkap Evans, untuk dominasi jumlah unit, Samsung lebih mendominasi ketimbang Apple di pasar. Sementara untuk pendapatan, Apple nyaris menyamai pendapatan Samsung. Grafik juga memperlihatkan bahwa Apple lebih unggul dalam profit operasional ketimbang Samsung.