Villagehoster.com – Salah satu lembaga pemerintahan negara Amerika Serikat yang bertanggung jawab dalam program luar angkasa dan mengadakan  penelitian – penelitian luar angkasa serta yang terletak di kota Washington yaitu lembaga atau badan NASA (National Aeronautics and Space Administration). NASA dapat disebut sebagai badan penelitian tata surya nomor satu di dunia. Tugas terutama dan terpenting NASA adalah membantu masyarakat dunia untuk mengetahui mengenai alam semesta dan bumi ini secara nyata dan melakukan penelitian – penelitian aeronautics. NASA juga bertugas untuk berinovasi dengan perkembangan – perkembangan teknologi untuk menciptakan sesuatu untuk program luar angkasa.

Maka saat ini NASA sedang dalam proses menyiapakan satelit luar angkasa terbaru yang menggunakan sistem operasi android. Bukan hanya pada perangkat smartphone saja sistem operasi ini digunakan tetapi juga bisa digunakan pada perangkat elektronik lainnya seperti pada kamera juga sistem operasi android dapat digunakan.  NASA membuat satelit luar angkasa dengan sistem operasi berbasis android yang akan dinamakan PhoneSat. PhoneSat ini akan dibedakan menjadi 2 versi, yaitu PhoneSat 1.0 dan PhoneSat 2.0. NASA menggunakan perangkat handphone Nexus sebagai pusat dari pengendali satelit.

Satelit dengan sistem android ini akan dibuat dengan ukuran yang kecil yaitu 10 cm3. Pembuatan satelit seperti ini sangat tidak menghamburkan biaya yang banyak. Karena perangkat smartphone kebanyakan di design tidak dapat dikirim ke luar angkasa maka NASA harus memperbaiki designnya agar dapat dikirim ke luar angkasa. Dan NASA juga harus menguji coba tingkat ketahanan satelit berbasis android tersebut apakah bisa bertahan pada tanpa udara dan tanpa gaya gravitasi. Kemungkinan awalnya PhoneSat akan dikirim ke luar angkasa sebanyak 3 satelit. Jika PhoneSat dapat beroperasi dengan baik di luar angkasa maka tidak menutup kemungkinan satelit – satelitnya dibuat dengan sistem operasi android.