Tim Cook

Tim Cook

CEO Apple, Tim Cook yang bicara dalam konferensi D11 Conference, mengatakan bahwa setiap orang yang memiliki iPhone, iPad, iPod bahkan Mac, akan segera mendapatkan produk baru.

Spekulasi tentang produk baru Apple memang marak beberapa waktu terakhir. Ada rumors, Apple akan merilis perangkat barunya pada sebuah konferensi dunia dua pekan depan. Selain gadget baru, diprediksi akan ada pembaruan platform pengembang ponsel dan komputer tablet Apple dengan peluncuran iOS 7 yang akan datang.

“Kini banyak orang berkata bahwa inovasi berarti kategori baru,” kata Tim Cook. “Ya, kami merupakan perusahaan yang masih akan melakukan itu. Kami punya rencana luar biasa yang tengah kami garap.”

Saat disinggung tentang produk TV Apple, Cook menolak berkomentar panjang. Tapi ia berkata bahwa memang ada kesempatan besar untuk pengembangan pasar TV. Kini Apple telah menjual lebih dari 13 juta Apple TV. Jumlah ini sekitar setengah dari penjualan pada 2012. Tapi, Cook mengatakan,”TV bukanlah perangkat yang up to date pada dekade ini.”

Ketika ditanya soal Samsung yang sedang berkembang pesat, Cook menegaskan bahwa Apple bakal berusaha mempertahankan posisinya di dunia. Ia mengatakan bahwa Apple selalu menghadapi kompetisi, tapi Apple mencoba membuat produk terbaik pada tiap kategori.

Cook berkata bahwa Mac, iPhone, dan iPad secara konsisten mendapatkan ranking kepuasan konsumen tertinggi dalam setiap kategorinya. “Ini bukan berarti tiap produk mencapai penjualan tertinggi, tapi Apple selalu jadi perangkat yang paling banyak digunakan orang,” kata Tim Cook. Misalnya, lalu lintas web yang berasal dari iOS serta sejumlah transaksi perniagaan berasal dari platform Apple.

“Bagi kami, menang bukan berarti membuat banyak produk. Tapi menang adalah saat orang banyak menggunakan produk kami,” kata Cook.