Tips Check Status Server Hosting Down

Apakah website anda mempunyai desain yang bagus dan memiliki informasi yang informatif, lalu bagaimana dengan tempat hosting anda? Iya, hosting merupakan komponen yang sangat penting demi kelangsungan website anda untuk tetap bisa online di internet. Tentu anda tidak ingin pengunjung website anda kecewa, karena saat mengakses website anda server sedang down. Ada beberapa faktor mengapa server hosting anda bisa down, berikut diantaranya.

IP Addres anda diblokir Server Hosting, hal yang paling sering terjadi. IP anda bisa masuk kedalam daftar black list server hosting dan bukan karena kebetulan, tapi karena kemungkinan IP anda telah melanggar beberapa aturan yang tercatat pada server hosting, misalnya :
– Akses konkurensi terlalu tinggi sehingga server hosting menganggapnya sebagai salah satu bentuk ddos.
– Login ke FTP/Email dengan menggunakan username dan pasword salah lebih dari 5 kali, maka tentu saja IP address anda akan otomatis diblokir oleh server hosting.
– Anda melakukan Ping/Port scanning berlebihan sehingga tentu saja ip anda diblokir.

Perubahan DNS belum selesai, ketika anda baru saja melakukan perubahan DNS website anda tidak akan bisa langsung diakses dan biasanya menunggu minimal 1×24 jam sampai database DNS menyebar keseluruh penjuru dunia.

Diatas adalah hal yang bisa jadi menyebabkan anda tidak bisa mengakses website tersebut. Kalau begitu, bagaimana cara ceking status server hosting down atau tidak? Berikut ini adalah beberapa tools penting dan cukup populer yang akan memberikan anda informasi mengenai status server hosting anda.

JUST-PING
Adalah salah satu layanan yang akan memberikan informasi status server hosting aktif ataukah Down jika diakses dari berbagai negara. Jadi jika anda tidak bisa meng-akses server hosting, maka coba cek menggunakan tools ini. Anda bisa mengceknya di website just-ping langsung.

TRACE ROUTE
Adalah perintah yang bisa anda gunakan untuk memberikan informasi mengenai rute menuju server hosting, bisa jadi IP Address anda diblokir ditengah jalan atau mungkin ISP anda yang bermasalah sehingga tidak bisa mencapai server hosting.

Caranya :

Pengguna windows :
1. Start -> Run -> ketik “CMD” tanpa tanda petik -> Enter ( kalau tidak ada menu Run tekan tombol bendera windows di keyboard bersamaan dengan huruf R)
2. ketik “tracert domainkamu.com” tanpa tanda petik – perhatikan informasi tersebut dan anda akan mengetahui sampai dimana koneksi anda terputus

Pengguna Linux
1. Buka Shell atau Terminal
2. ketik “traceroute domainkamu.com” tanpa tanda peti

JUST-DNSLOOKUP
Adalah salah satu layanan yang akan memberikan anda informasi status DNS IP anda dari berbagai lokasi, hampir sama seperti tools just-ping diatas. Untuk mencobanya bisa diakses di website just-dnslookup langsung.

Kalau ternyata masih belum bisa mengakses server hosting atau website anda, langkah tercepat adalah laporkan kejadian ini, kirim email ke pusat layanan hosting anda untuk mendapatkan informasi permasalahan. Tapi sebelum itu, senantiasa lakukanlah teknik pengecekan status server hosting ini agar anda lebih tahu apa yang terjadi.