Tips Desain Web yang Baik
Ada beragam jenis website dengan berbagai bentuk desain, ada yang sama persisi dengan CMS yang sedang digunakan tetapi tidak sedikit juga web desainer yang membuatnya tampil berbeda. Ini semua tinggal selera dan bagaimana tingkat kreatifitas anda, jika anda tipe orang yang tidak cepat puas dan selalu ingin menghasilkan sesuatu yang baru. Mendesain website tentu akan sangat menarik, tapi seperti apa desain web yang baik itu? Berikut ada beberapa tips untuk desain website yang baik.

Unik
Dalam membuat karya apapun seorang designer mempunyai kesadaran untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang lain. Begitu pula dalam desain website seorang Web Designer harus mempunyai budaya malu untuk menggunakan icon, animasi, button, dll, yang telah digunakan atau dibuat oleh orang lain. Disinilah kita harus mengeluarkan segala kreatifitas yang kita miliki, untuk bisa tampil unik dan berbeda dari yang lain.

Komposisi
Seorang Web Designer selalu memperhatikan komposisi warna yang akan digunakan dalam mendesain website yang dibuatnya. Dalam mendesain website suatu perusahaan, Web Designer selalu menyesuaikan warna yang digunakan dengan Corporate Color perusahaan tersebut. Kemudian warna-warna yang menonjol dari perusahaan tersebut akan digunakan sebagai warna yang dominan dalam mendesain website perusahaan tadi.

Simple
Dalam mendesain website banyak web designer yang menggunakan prinsip “Keep it Simple”, hal ini ditujukan agar tampilan website tersebut terlihat rapi, bersih dan juga informatif.

Semiotik
Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkan dengan melihat tanda atau gambar, visitor website dapat dengan mudah dan cepat mengerti. Sebagai contoh: Jangan membuat gambar yang berkesan seperti tombol, padahal itu bukan tombol/ link.

Ergonomis
Web Designer selalu memperhatikan aspek ergonomi. Ergonomi disini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan user dalam menelusuri website tersebut. Web Designer memilih ukuran Fonts yang tepat sehingga mudah dibaca, Web Designer menempatkan link sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk di akses dan lebih penting lagi adalah Informatif.

Fokus
Tentukan hirarki prioritas dari website yang akan didesain dan pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi jangan sampai akhirnya akan konflik dengan subjudul yang berukuran hampir sama. Hal ini akan membingungkan user untuk menentukan pesan mana yang harus lebih dahulu dibaca/ dilihat.

Konsisten
Salah satunya yang penting dalam desain web yaitu menentukan font apa yang akan digunakan sebagai Body-text, Judul, Sub Judul dan sebagainya, sehingga website tersebut akan terlihat disiplin dan rapi. Sesuaikan jenis huruf yang digunakan dengan misi dan visi website tersebut, misalnya: hindari menggunakan font Comic dalam membangun website suatu perusahaan resmi.

Demikian beberapa tips yang digunakan Web Designer dalam mendesain website yang baik, selebihnya merupakan ekspresi dari pembuat website itu sendiri yang terwujud dalam penyusunan website.