Villagehoster.com – Web hosting adalah layanan jasa internet yang menawarkan sumber – sumber daya server yang kemudian disewakan kepada organisasi ataupun individu sehingga dapat mengupload informasi – informasi di internet berupa HTTP, FTP, email, atau DNS. Web hosting adalah nyawa dari sebuah web, kalau sebuah web tidak ada web hostingnya maka web tersebut tidak akan bisa beroperasi.

Jenis – jenis web hosting, yaitu :

  • Email

Jenis web hosting hanya untuk layanan hosting email saja, belum termasuk web hosting dan harganya juga sangat termurah karena jenis layanan hosting email hanya menggunakan server yang sedikit. Penyedia hosting hanya mengkonfigurasikan atau mengatur server pada domain Anda agar dapat membuat alamat email untuk Anda mengirim dan menerima email.

  • Shared Hosting

Pada jenis web hosting ini, sebuah web dapat berbagi dengan server yang sama menggunakan bandwidth dan mesin internet yang sama. Shared hosting umumnya digunakan untuk web personal, bisnis kecil, dan menengah.

  • VPS (Virtual Private Server)

Jenis web hosting ini hanya mengacu pada mesin virtual server. Kelebihan dari VPS adalah :

  • Tidak perlu berbagi sumber daya server untuk pemakaian secara bersamaan dengan web lain
  • Memiliki kontrol yang luas dan memiliki pengaturan sendiri yang sesuai dengan kemauan Anda

VPS ini cocok digunakan untuk web yang jumlah pengunjungnya tinggi dan aktivitas yang rutin. Jika ingin menggunakan VPS harus memilik teknisi yang handal karena membutuhkan pengetahuan yang banyak untuk mengelola web Anda dan yang siap kapanpun untuk mengelola web Anda.

Hal – hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin menggunakan jasa web hosting adalah :

  • Kecepatan akses

Point ini sangatlah penting karena akan berpengaruh kepada jumlah pengunjung. Jika web Anda memiliki kecepatan lambat maka web Anda akan lama merespon dan pengunjung akan malas untuk mengunjungi web Anda.

  • Fitur

Buatlah fitur – fitur yang lengkap agar pengunjung web Anda nyaman dan dapat informasi yang lengkap dari website Anda.

  • Kapasitas

Perhatikan kapasitas web Anda dari pertama terbentuk hingga kedepannya. Jika ruang penyimpanan Anda luas maka Anda dapat mengembangkan terus – menerus website Anda sesuai dengan perkembangan – perkembangan teknologi. Jangan membuat kapasitas web menjadi hambatan dikemudian hari.

Pilihlah penyedia layanan web hosting yang terpercaya dan berpengalaman dalam mengelola web hosting dan jenis web hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda masih bingung dengan pilihan Anda, Anda dapat konsultasikan dengan para pakar web hosting yang memang sudah sangat handal.