Villagehoster.com – Saat ini membeli handphone atau Smartphone tidak hanya didasari pada berapa pixel kamera yang dimiliki atau harga dari smartphone tersebut, namun perlu diperhatikan juga kinerja handset dari Smartphone yang akan dibeli. Selain itu, ternyata ada sejumlah faktor yang mungkin tanpa Anda sadari dapat membuat kinerja Smartphone menjadi lambat.

Jika kinerja Smartphone Android yang Anda miliki terasa lambat, sebaiknya perbaikilah dengan beberapa cara berikut ini.

Restart smartphone

Seperti halnya dengan komputer, Smartphone yang Anda miliki juga perlu di-restart. Untuk mempercepat kinerja smartphone Anda yang mulai lambat, dapat Anda lakukan cara sederhana yaitu dengan me-restart atau coba matikan Smartphone tersebut.

Update sistem

Smartphone yang mulai lambat, bisa jadi disebabkan karena Anda belum menginstal versi terbaru dari sistem Android Anda. Untuk melakukan update sistem, Anda dapat melakukan langkah berikut ini, yaitu masuk ke Settings lalu pilih About device untuk melihat apakah tersedia update terbaru.update sistem

Hapus file yang tidak dibutuhkan

Jika Anda sudah melakukan tips di atas namun kinerja smartphone Anda masih lambat, hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya yaitu menghapus file-file yang tidak dibutuhkan seperti menghapus foto dan file musik yang tidak perlu. Tips tersebut merupakan cara paling mudah agar kinerja smartphone Anda berjalan lancar lagi.

Selain itu, Anda juga dapat menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi. Aplikasi yang tidak terpakai namun masih terpasang di smartphone Anda, ternyata juga dapat membuat sumber daya Smartphone menjadi berkurang, di mana proses sistem tetap berjalan di background. Tentunya hal tersebut membuat kinerja handset Anda menjadi lambat.

Membersihkan cache

Setiap kali Anda membuka sebuah aplikasi, maka smartphone Anda akan secara otomatis menyimpan gambar atau sejumlah data yang berkaitan dengan aplikasi tersebut sehingga setiap kali Anda membuka sebuah aplikasi tidak perlu men-download lagi.

Oleh karena itu, mungkin ada gambar yang tersimpan di Smartphone Anda dari sebuah aplikasi yang Anda buka. Untuk menghapusnya dapat Anda lakukan dengan masuk ke Settings, lalu pilih Storage setelah itu pilih Cached data.bersihkan cache

Nonaktifkan efek animasi

Agar kinerja Smartphone Android Anda berjalan lancar, maka Anda dapat menonaktifkan efek animasi di smartphone Android. Caranya yaitu buka menu Settings > About phone, lalu scroll ke bawah untuk menuju kategori Build Number dan tekan Build Number tersebut sebanyak tujuh kali.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan akses ke menu Developer options. Dalam menu tersebut Anda akan menemukan kategori seperti Animator duration scale dan Transition animation scale. Untuk menonaktifkan efek animasi, maka tekan kedua kategori tersebut.