Villagehoster.com – Sekarang ini cara promosi yang sedang trend dilakukan oleh para pemiliki online shop adalah dengan cara endorsement. Endorsement adalah salah satu cara mempromosikan produk dengan meminta publik figure untuk menggunakan produk yang dijual, kemudian mendokumentasikan dan diposting dalam akun sosial medianya. Bisa kita lihat di sosial media instagram banyak sekali artis yang menggunakan suatu produk lalu mereka bikin video atau foto dan kemudian posting dengan menuliskan keterangan mempromosikan pada foto tersebut dan tag ke toko online shop tersebut.

Para pemiliki online shop memilik mindset bahwa jika mereka meminta artis untuk menggunakan produk mereka kemudian didokumentasikan dan diposting ke akun sosial media pribadinya maka para fans artis tersebut yang sebagai pengikut akun instagramnya pasti akan lebih cenderung mengikuti atau meniru idolanya. Para fans artis dijadikan sebagai sasaran empuk dalam berpromosi dengan cara endorsement. Tetapi cara promosi dengan sistem endorsement tentu tidak gratis, jika Anda ingin gratis dalam berpromosi di media sosial instagram juga bisa yaitu dengan cara membuat komen di setiap postingan para publik figure. Cara promosi seperti itu juga banyak dilakukan tetapi kemungkinan untuk dilihat orang lain sangat kecil karena komen tersebut akan terganti dengan komen – komen yang baru.

Para pemilik online shop juga tidak sembarangan memilih publik figure yang akan endorsement produk mereka, mereka akan memilih akun publik figure dengan jumlah pengikut yang banyak. Beberapa contoh artis yang paling sering mempromosikan produk para online shop, yaitu :

  • Chelsea Olivia
  • Ayu Ting-Ting
  • Sharena Gunawan
  • Jessica Iskandar
  • Glenn Alinskie
  • Raditya Dika

Memang pada dasarnya semua bisnis memerlukan promosi maka para enterpreneur harus benar – benar pintar, jeli, dan teliti dalam memilih cara promosi yang efektif untuk membangun rasa ketertarikan konsumen untuk membeli agar bisnis terus berjalan dan berkembang. Oleh karena itu, semakin banyak munculnya cara – cara promosi yang unik pada saat ini.