Joomla merupakan Content Management System (CMS) open source yang powerful dan banyak digunakan di dunia. Selain instant, Joomla sangat mudah digunakan. Tampilan dan manajemennya pun sangat dinamis sehingga setiap orang bisa kreatif mengembangkannya. Oleh sebab itu, Joomla memiliki komunitas yang sangat besar dengan dukungan para pengembang dari developer dan pihak ketiga.

Pada gilirannya, tentu Anda pun bisa menjadi bagian dari mereka untuk kreatif membangun website joomla dengan membuat suatu perubahan dan penambahan fitur-fiturnya sesuai kebutuhan. Anda bisa membuat komponen, modul, atau plugin agar website Anda lebih menarik dan memiliki fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Teknik mudahnya, Anda perlu menginstal joomla secara offline di komputer Anda dengan bantuan AppServ versi 2.5.8. Install AppServ tersebut pada komputer, lalu jalankan CMS joomla yang telah diekstrak dengan meletakkannya di dalam folder C://AppServ/www, dengan nama folder djoomla. Kemudian ketik pada browser Anda, http://localhost/djoomla, tekan enter. Akan muncul pada layar instruksi-instruksi instalasi yang harus Anda pilih atau diisi sesuai perintah. Setelah selesai, hapus atau rename folder “installation” pada folder instalasi joomla.

Setelah selesai, Anda bisa menjalankan webjoomla secara offline. Anda bisa memanajenya melalui halaman Administrator yang telah disediakan, baik mengubah, menambah, maupun menghapus komponen, modul, atau pluginnya. Ada beragam ekstensi tambahan yang bisa Anda tambahkan untuk web joomla Anda.408431_281524775296639_618276572_n

Lebih menyenangkan lagi, Anda bisa membuat sendiri ekstensi tersebut. Sebelum membuat komponen yang kompleks melibatkan database, ada baiknya mencoba membuat komponen hello world yang lebih sederhana cara kerjanya. Anda bisa memulai dengan aplikasi editor teks (notepad) atau website editor, seperti Dreamweaver.

Adapun langkah-langkah dan contoh scriptnya, Anda bisa mendapatkannya di buku Cara Mudah Membuat Komponen, Modul, & Plugin Joomla. Sesuai judulnya, buku terbitan mediakita ini memberikan petunjuk dan tekniknya secara mudah dalam membangun website joomla dan membuat ekstensinya, baik berupa komponen, modul, maupun plugin.

Demikian artikel dari kami, semoga dapat membantu Anda.