Membuat artikel Web atau Blog yang Berkualitas
Mengisi website atau blog yang anda miliki tentu sangat menyenangkan apalagi yang berkaitan dengan hobi atau pekerjaan anda, di dalam blog atau website kebanyakan orang mengisinya dengan pengalaman hobi, artikel yang bersifat umum, bahkan sampai mengenai politik, dan ekonomi. Itu semua oke-oke saja selama tidak melanggar etika-etika yang ada. Lalu bagaimana dengan kualitas dari artikel yang anda tulis, apakah pembaca artikel anda merasa puas atau malah sebaliknya. Ada baiknya anda menilik beberapa hal penting dibawah ini. Supaya artikel website atau blog anda lebih berkualitas.

Agar artikel yang anda buat bisa berbobot. Pastikan terdapat elemen-elemen berikut dalam artikel website atau blog anda.

Headline
Headline adalah teks yang terletak dibagian atas artikel, biasanya menunjukkan sifat artikel dibawahnya. Bagian headline dari artikel berguna untuk membuat pembaca menaruh perhatian tentang topik yang bersangkutan. Dan dengan adanya headline ini membuat pembaca merasa lebih penasaran mengenai isi dari artikel tersebut.

Lead
Lead merupakan kalimat yang menangkap perhatian pembaca artikel di website anda dan meringkas fokus dari artikel. Paragraf pendahuluan menceritakan fakta-fakta penting dan pastikan artikel anda menjawab pertanyaan tentang tema yang sedang anda bahas : Mengapa, Dimana, Kapan, Apa dan Bagaimana.

Body
Body berisikan detail dari artikel. Pembaca bisa melihat bukti cerita dan alur penceritaan dibagian body yang sebelumnya sudah ditulis dibagian lead. Alur artikel yang dipakai untuk membuat body sebaiknya menggunakan metode Segitiga Terbalik. Semakin kebawah akan semakin menyempit dan terahir adalah kesimpulan dari artikel tersebut.

Blog yang berisi artikel umum bisa dibuat sesuai dengan preferensi penulis artikel tersebut. Gaya bahasanyapun bisa dibuat sesuai dengan cara bertutur sipenulis, yang terpenting adalah isi dari artikel merupakan sebuah fakta.

Setelah elemen-elemen dalam penulisan artikel pada blog sudah anda terapkan, anda juga harus mengetahui ciri artikel blog yang berkualitas. Nah berikut ini adalah karateristik artikel website atau blog yang berkualitas :

  • Artikel tersebut merupakan kejadian faktual dan memiliki nilai berita yang bermanfaat.
  • Segala keterangan yang dipaparkan pada artikel blog tersebut mempunyai dasar dan alasan yang logis serta dapat diuji kebenarannya.
  • Uraian artikel jelas dan mengupas pokok persoalan dengan baik.
  • Keterangan pada artikel tersebut dapat dipahami dengan baik oleh pembaca dan tidak bertele-tele.
  • Berkesan tidak menggurui.

Dalam membuat artikel website atau blog yang berkualitas janganlah terburu-buru, perhatikan dengan cermat, hindari berbagai kesalahan atau kekeliruan walau sekecil apapun. Pastikan ketika menulis artikel anda memiliki cukup waktu untuk membuat artikel yang berkualitas.